Kita fokus pada peningkatan iklim investasi di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mendapat banyak masukan dari Forum Investor 2019 yang diselenggarakan Kamis (3/10) di Jakarta, guna pengawalan investasi.

Forum Investor 2019 dihadiri 100 perusahaan penanaman modal asing dan penanaman modal dalam negeri di wilayah Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Plt Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Farah Ratnadewi Indriani dalam siaran pers di Jakarta, Jumat, mengatakan tema pengawalan investasi dipilih mengingatkan upaya-upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan iklim investasi di Indonesia.

"Kita fokus pada peningkatan iklim investasi di Indonesia, yaitu melalui terobosan-terobosan untuk menyederhanakan perizinan, penghapusan sejumlah izin, hingga digitalisasi perizinan menggunakan aplikasi Online Single Submission (OSS)," katanya.

Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik itu, kata dia, telah berhasil meningkatkan jumlah izin berusaha di Indonesia.

"Digitalisasi pelayanan perizinan belum cukup untuk mewujudkan realisasi penanaman modal yang diharapkan, sehingga perusahaan membutuhkan dukungan dan pengawalan yang bersifat aktif dari instansi pemerintah terkait, baik di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota," lanjutnya.

Di sisi lain, tantangan untuk mencapai target yang nilainya terus bertambah setiap tahun, diakui, semakin berat di tengah lesunya perekonomian dunia. Deputi Bidang Pelayanan Penanaman Modal BKPM Husen Maulana menambahkan keberadaan insentif dan fasilitas perpajakan yang ramah terhadap kinerja dunia usaha merupakan faktor penting lainnya, yang dapat mendukung realisasi penanaman modal.

Beberapa masukan peserta dari forum tersebut  antara lain BKPM dapat bertindak untuk mensosialisasikan kebijakan pemerintah yang berdampak pada penanaman modal di daerah dan membantu meningkatkan kapasitas DPMPTSP di daerah untuk dapat melakukan kegiatan pengawalan investasi termasuk penyelesaian permasalahan penanaman modal atau debottlenecking. Masukan lainnya, agar forum serupa diadakan dengan tema-tema yang lebih spesifik yang bersifat sektoral, seperti isu ketenagalistrikan, infrastruktur, smelter, dan sebagainya. BKPM juga diharapkan dapat merespon setiap kendala/permasalahan yang dihadapi para investor, khususnya yang disampaikan secara resmi.
 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019