counter

Piala Dunia Rugby

Afsel tundukkan Italia 49-3 berkat penampilan gemilang Kolbe

Afsel tundukkan Italia 49-3 berkat penampilan gemilang Kolbe

Pemain wing Afrika Selatan Cheslin Kolbe berlari untuk mencetak try dalam pertandingan Pool B Piala Dunia Rugby 2019 melawan Italia yang dimainkan di Stadion Shizuoka Ecopa, Shizuoka, Jepang, Jumat (4/10/2019) malam WIB. (ANTARA/AFP/ANNE-CHRISTINE POUJOULAT)

Jakarta (ANTARA) - Afrika Selatan (Afsel) menundukkan Italia dengan skor 49-3 dalam pertandingan Pool B Piala Dunia rugby yang dimainkan di Stadion Ecopa Shizuoka, Shizuoka, Jumat malam WIB.

Hasil ini membuat kedua tim sama-sama mengoleksi sepuluh poin di klasemen pool, dengan kedua tim juga sama-sama memiliki dua bonus point, demikian dilansir dari laman resmi turnamen.

Penampilan gemilang Cheslin Kolbe dengan dua try membuatnya menjadi sorotan di laga ini. Sayangnya ia harus meninggalkan lapangan pada fase akhir pertandingan karena pergelangan kakinya terkilir.

"Ini adalah pertandingan penting bagi kami. Ini terlihat mudah, namun ini merupakan pertandingan yang dapat membuat kami tergelincir," kata pelatih Afsel Rassie Erasmus.

Laga diawali dengan buruk bagi Italia karena mereka harus kehilangan Simone Ferrari yang mengalami cedera kaki pada scrum pertama saat pertandingan baru berusia dua menit.

Baca juga: Afsel hancurkan Namibia 57-3

The Springboks, julukan Afsel, segera membuka keunggulan melalui try Kolbe. Ia mendapat operan dari Willie Le Roux, kemudian melewati Tommaso Benvenuti dan Matteo Minozzi untuk mengukir try. Handre Pollard sukses melakukan konversi setelahnya.

Pemain fly hal Italia Tommasso Allan dan Pollard dari Afsel bergantian mencetak poin dari penalti. Namun Italia mendapat pukulan berikutnya ketika pemain pengganti Marco Riccioni harus keluar karena cedera.

Afsel kembali mendapat poin pada menit ke-26. Operan Kolbe sebenarnya tidak dapat dikuasi dengan sempurna oleh Le Roux, namun pemain hooker Mbongeni Mbonambi dapat melakukan drive untuk mencetak try. Pollard melakukan konversi untuk membuat timnya memimpin 17-3 saat turun minum.

Italia kembali mendapat masalah ketika Andrea Lovotti mendapatkan kartu merah akibat melakukan tip-tackle setelah peluit berbunyi kepada Duane Vermeulen.

Pollard mengukir penalti kedua ketika Italia kesulitan menembus garis pertahanan dan laju cepat Afsel di lini tengah.

Kolbe mengukir try keduanya setelah Damian de Allende memicu serangan, sebelum Pollard menyepak bola melebar, yang dapat ditangkap Kolbe untuk dibawa melintasi garis belakang Italia.

Pollard gagal melakukan konversi, namun ia tidak melakukan kesalahan serupa setelah centre Lukhanyo Am memanfaatkan peluang untuk mencetak try.

Pemain sayap Makazole Mapimpi kemudian menangkap bola silang untuk mencetak try, yang makin memperbesar keunggulan Afsel. Kali ini, Pollard sukses melakukan konversi.

Afsel masih menambah poin melalui try mudah yang dilakukan RG Snyman setelah ia melakukan intersep, sebelum Malcom Marx mencatatkan try terakhir di laga ini.

Baca juga: Irlandia tampil tidak meyakinkan namun menang 35-0 atas Rusia

Baca juga: Barrett bersaudara ukir sejarah saat Selandia Baru hancurkan Kanada

 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Mengintip inovasi bisnis rumahan gelato

Komentar