Magelang (ANTARA) - Hutan di kawasan lereng Gunung Merapi di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, terbakar pada Jumat siang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto, di Magelang, Jumat, mengatakan lokasi kebakaran di PUD 3,4,5, Desa Ngargosoko, Kecamatan Srumbung.

"Waktu kejadian diketahui sekitar pukul 11.30 WIB, hutan yang terbakar pada grid D5D," katanya.

Ia menuturkan sekitar pukul 12.15 WIB BPBD Kabupaten Magelang menerima informasi dari kelompok tani hutan (KTH) resor Srumbung melalui media sosial bahwa telah terjadi kebakaran hutan di Gunung Merapi di PUD 3,4,5, Desa Ngargosoko, Kecamatan Srumbung.

Baca juga: Hutan Gunung Merapi terbakar

Baca juga: Hutan lereng Merapi kembali terbakar


Ia mengatakan setelah mendapat laporan tersebut, BPBD Kabupaten Magelang langsung menuju lokasi kebakaran untuk memadamkannya.

Ia menyebutkan sekitar 100 personil dari tim gabungan ikut memadamkan kebakaran hutan tersebut.

Sekitar pukul 15.00 WIB, titik api di sebelah Dam Cakruk sudah berhasil dipadamkan, namun masih tersisa beberapa bara api di pohon pinus.

Sekitar pukul 16.00 WIB titik api di sebelah utara Kali Ireng semakin membesar dan pukul 17.00 WIB personel turun karena kondisi sudah sore dilanjutkan koordinasi untuk langkah selanjutnya.

Ia mengatakan pemadaman akan dilanjutkan pada Sabtu (5/10) apabila sampai malam ini belum padam. Malam ini dilakukan pemantauan oleh Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM).*

Baca juga: Tujuh Rumah Terbakar Karena Awan Panas Merapi

Baca juga: Satu Rumah Terbakar Terkena Awan Panas Merapi

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019