Biak (ANTARA) - Komando Operasi III Angkatan Udara (Koopsau) menyiapkan pembentukan Skadron 9 Helikopter di pangkalan udara Jayapura dalam upaya menunjang tugas pokok pelayanan TNI kepada masyarakat di wilayah Papua dan Papua Barat.

"Skadron helikopter Jayapura sebagai salah satu penambahan satuan baru dibawah Koopsau III," ungkap Panglima Komando Operasi III Angkatan Udara Biak Marsekal Muda TNI Andyawan Martono P seusai peringatan HUT TNI ke-74 di Biak, Sabtu.

Ia mengakui, luasnya alam geografis di wilayah Papua dan Papua Barat menjadi tantangan tugas prajurit TNI sehingga pembentukan Skadron 9 Helikopter diharapkan bisa mendukung tugas TNI Angkatan Udara.

Marsda Andyawan mengakui, untuk Skadron 27 yang dimiliki Lanud Manuhua Biak sudah dioperasikan 13 Juni 2019 yang diresmikan langsung KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna di Kabupaten Biak Numfor.

Untuk operasional Skadron 27 di Lanud Manuhua Biak, menurut Marsda Andyawan Martono, dengan menempatkan pesawat jenis CN 235.

"Kehadiran Skadron 9 Helikopter Jayapura diharapkan dapat melaksanakan tugas TNI dalam menjalankan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP)," tegas Pangkoopsau III Marsda Andyawan Martono.

Disinggung jadwal operasional Skadron 9 helikopter Jayapura, menurut Marsda Andyawan, hingga saat ini sudah masuk dalam tahapan persiapan.

"Harapan saya pembentukan Skadron Helikopter Jayapura dapat terealisasi sesuai jadwal dalam waktu dekat," ungkap Pangkoopsau III didampingi Danrem 173/PV Brigjen TNI Bahman, Pangkosek IV Hanudnas Larsma Mujianto, Kasopsau Marsma Erwin B.Utama dan Komandan Guskamla Armada III Laksamana Pertama TNI Taat Siswo Sunarto.

Berdasarkan data program pembentukan Skadron Udara di wilayah Papua dan Papua Barat dalam rangka menjaga tugas pokok TNI untuk menjaga kedaulatan udara di wilayah Timur Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga: Panglima TNI tinjau kesiapan HUT Ke-74 TNI

Baca juga: Pawai kendaraan tempur meriahkan HUT ke-74 TNI di Pekanbaru

Baca juga: Fun bike "Serbuan Teritorial" meriahkan HUT ke-74 TNI di Manado

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019