Jayapura (ANTARA) - Jajaran Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Silas Papare Jayapura menggelar tabur bunga sebagai salah satu bentuk peringatan HUT Ke-74 TNI tahun 2019.

Tabur bunga yang dikemas dalam bentuk upacara ziarah nasional tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Silas Papare Jayapura Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso di Taman Makam Pahlawan Kusuma Waena.

Ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dipimpin Danlanud Silas Papare Jayapura selaku Inspektur Upacara Ziarah, kemudian mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga di Tugu Taman Makam Pahlawan Kusuma Waena.

Komandan Lanud Silas Papare Jayapura Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso kepada Antara di Jayapura, Sabtu, mengatakan tabur bunga ini bertujuan mengenang serta menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur di medan tugas.

"Semoga dengan pelaksanaan ziarah ini, sebagai generasi penerus bangsa dapat mengisi dan melanjutkan cita-cita para pahlawan yang telah merintis bangsa Indonesia ini menjadi bangsa yang besar dan bermartabat seperti yang dirasakan kini," katanya.

Menurut Danlanud Tri, dalam pelaksanaan ziarah kali ini ada yang berbeda, di mana pada umumnya peserta upacara mengenakan Pakaian Dinas Upacara (PDU), tetapi untuk di Papua menggunakan seragam Pakaian Dinas Lapangan (PDL) TNI.

"Penggunaan PDL TNI ini sekaligus dalam rangka pengamanan di wilayah Papua atas kondisi yang tengah terjadi," ujarnya.

Sekadar diketahui, HUT TNI yang jatuh pada 5 Oktober 2019 ini mengangkat tema TNI Profesional Kebanggaan Rakyat.

Baca juga: Presiden pesan TNI adaptasi teknologi baru

Baca juga: Sebanyak 6.806 prajurit ikuti parade upacara HUT Ke-74 TNI

Baca juga: Kapolda beri kejutan selamat HUT TNI untuk Pangdam Diponegoro

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019