Yang jelas kami semua berupaya agar kerusuhan tidak sampai menjalar ke Timika. Dengan segala upaya kita akan mencegah itu. Hal itu juga merupakan perintah langsung oleh Panglima Divisi 3 Kostrad kepada kami
Timika (ANTARA) - Komandan Brigade Infantri 20 Ima Jaya Keramo/Divisi 3 Kostrad Kolonel Inf Charles Sagala menegaskan situasi kamtibmas di Timika merupakan salah satu yang paling kondusif di Papua saat ini.

"Di antara seluruh wilayah di Papua, Timika yang paling kondusif. Ini berkat kerja keras kewilayahan dalam hal ini Polres dan Kodim 1710 Mimika dan didukung oleh unsur-unsur TNI dan Polri yang lain seperti Lanud, Lanal, Satuan Radar, Detasemen Kaveleri 3, Batalyon 754 ENK, Batalyon B Brimob Polda Papua serta peran serta pemerintah daerah dan masyarakat Mimika," kata Kolonel Sagala di Timika, Sabtu.

Dabrig berharap semua pihak mendukung terwujudnya situasi kamtibmas di Timika yang aman, damai dan kondusif agar semua warga masyarakat bisa beraktivitas secara bebas tanpa rasa takut dan khawatir dengan keamanan dan keselamatan mereka.

Situasi kamtibmas di Timika yang kondusif itu, katanya, juga berkat sinergitas yang sangat baik antara jajaran TNI dengan Kepolisian setempat sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Selaku unsur pimpinan satuan TNI jabatan tertinggi di Timika, Kolonel Sagala bertindak sebagai inspektur upacara saat upacara peringatan HUT Ke-74 TNI di Timika, Sabtu pagi bertempat di Lapangan Timika Indah.

Ia berpesan agar para prajurit TNI di wilayah itu menjadi prajurit TNI yang profesional, menjadi kebanggaan rakyat serta mampu melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab demi tegaknya kedaulatan NKRI.
Komandan Brigade Infantri 20 Ima Jaya Keramo/Divisi 3 Kostrad Kolonel Inf Charles Sagala memberikan tumpeng kepada seorang prajurit TNI dari kesatuan Lanal Timika usai upacara peringatan HUT Ke-74 TNI di Lapangan Timika Indah, Sabtu (5/10/2019) (ANTARA/Evarianus Supar)

Upacara peringatan HUT TNI di Timika tahun ini dilaksanakan secara sederhana tanpa atraksi tambahan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Kolonel Sagala, perayaan HUT TNI yang sederhana itu merupakan cerminan jiwa prajurit TNI yang mengutamakan kesederhanaan dan agar lebih berbaur dengan rakyat.

Brigif 20 IJK kini menyiapkan pasukan TNI dengan kekuatan tiga satuan setingkat kompi/SSK untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi peningkatan eskalasi keamanan di wilayah Timika.

"Yang jelas kami semua berupaya agar kerusuhan tidak sampai menjalar ke Timika. Dengan segala upaya kita akan mencegah itu. Hal itu juga merupakan perintah langsung oleh Panglima Divisi 3 Kostrad kepada kami," tutur Kolonel Sagala.

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019