Dorong literasi digital Siberkreasi Netizen Fair 2019 kembali digelar

Dorong literasi digital Siberkreasi Netizen Fair 2019 kembali digelar

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel A. Pangerapan, membuka gelaran Siberkreasi Netizen Fair 2019 di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (5/10/2019). (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Digelar pertama kali pada 2017, Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi Netizen Fair 2019 kembali digelar ketiga kalinya di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu, untuk mendorong literasi digital di masyarakat.

“Literasi literasi digital penting bagi kita karena tingkat literasi masyarakat Indonesia tentang digital belum baik, karena digital ini cepat datangnya sementara kita tidak mempersiapkan diri,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam acara Siberkreasi.

Baca juga: Siberkreasi ajak anak muda produksi konten positif

Gerakan tersebut, menurut Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel A. Pangerapan, digelar untuk melawan konten-konten negatif dengan menumbuhkan lebih banyak lagi konten positif.

“Dengan gerakan ini, konten-konten negatif tidak lagi diblok, tapi menumbuhkan konten positif, yang akhirnya masyarakat punya pilihan,” kata Semuel.

Semuel menjelaskan, sebelum menjadi sebuah yayasan seperti saat ini, awalnya Siberkreasi merupakan cara pemerintah untuk melibatkan semua sektor dalam literasi digital, termasuk netizen.

Baa juga: Siberkreasi ajak warganet sebarkan konten positif

“Saat ini Siberkreasi beranggotakan 103 organisasi, gerakan Siberkreasi juga ada sudah di 450 kota/kabupaten dan bekerjasama dengan relawan digital, 12.000 pandu digital,” kata Semuel.

Pengunjung Siberkreasi Netizen Fair 2019 akan dapat berbagi pengalaman dengan sejumlah tokoh, termasuk kepala pemerintah daerah yakni wakil gubernur Jawa Timur Emil Dardak dan walikota Bogor Bima Arya, yang berbagi pandangan soal media sosial dalam sesi Digiconference “Beat The Negativity with Positive Mind.”

Digiconference Siberkreasi Netizen Fair 2019 juga diisi oleh para pembuat konten antara lain Bude Sumiyati dan Arif “Pocong” Muhammad dalam sesi dialog “Spread Love, Have Fun.”

Tidak hanya itu, panggung Siberkreasi Netizen Fair 2019 juga dimeriahkan oleh sejumlah publik figur diantaranya Vidi Aldiano, Petra Sihombing, Sheryl Sheinafia dan The Dance Company.

“Sebanyak 20.000 masyarakat mendaftar untuk acara ini hari ini. Ada kelas paralel untuk membuat tulisan, membuat video, pelatihan coding, dan juga kelas untuk memanfaatkan handphone kita menjadi lebih produktif,” ujar Semuel.

Baca juga: Menkominfo dukung gerakan nasional literasi digital Siberkreasi

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kemkominfo luncurkan program edukasi baru

Komentar