Kejutan Iwan Fals di panggung Synchronize Festival

Kejutan Iwan Fals di panggung Synchronize Festival

Penyanyi Iwan Fals tampil perdana dalam Synchronize Festival 2019 yang berlangsung di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (05/10/2019) malam. (ANTARA News/Yogi Rachman)

Jakarta (ANTARA) - Penonton Synchronize Festival 2019 dikejutkan dengan penampilan musikus senior Iwan Fals yang sebelumnya tidak terdapat dalam daftar penampil pada hari kedua, Sabtu malam.

Iwan Fals tampil di Dynamic Stage, Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, sekitar pukul 22.00 WIB. Sorak-sorai penonton lantas pecah ketika sang legenda musik Tanah Air itu menaiki panggung.

"Assalamualaikum. Mantap. Senang ditengah-tengah orang kreatif," kata Iwan Fals.

Lagu "Belum Ada Judul" kemudian dibawakan sebagai suguhan awal. Iwan Fals yang tampil dengan format akustik memuji sambutan penonton yang ikut menyanyikan lagu tersebut.

Baca juga: Momen haru Superglad saat tampil di Synchronize Festival

Selanjutnya penyanyi bernama lengkap Virgiawan Listanto itu berturut-turut membawakan lagu "Di Mata Air Ada Air Mata" dan "Kupaksa Untuk Melangkah" masih dalam format akustik.

Penampilan Iwan Fals dalam Synchronize Festival merupakan pertama kalinya setelah empat tahun penyelenggaraan. Iwan Fals pun sempat mengeluh mengapa dirinya baru diundang pada penyelenggaraan 2019 dalam acara festival musik multi-genre tersebut.

Iwan Fals juga tampil dalam full band membawakan sejumlah lagu populernya, seperti "Buku Ini Aku Pinjam", "Jendela Kelas Satu", hingga "Kembang Pete".

"Yang aku suka, jadi di sini tidak ada botol plastik sekali buang. Ini bukan sekedar festival, tapi sebuah gerakan," kata penyanyi berusia 58 tahun itu.

Baca juga: Didi Kempot gaungkan campursari di Synchronize Festival

Bukan Iwan Fals namanya jika tidak menyelipkan pesan-pesan sosial dalam penampilannya. Begitupula dalam Synchronize Festival 2019 ketika dia membawakan lagu "Surat Untuk Wakil Rakyat".

Iwan Fals mengkritik anggota dewan yang tertidur padahal baru saja dilantik.

"Jangan tidur sambil ngentit duit rakyat. Ya Allah mudah-mudahan wakil rakyat kita enggak menyusahkan kita," katanya.

Selain itu, Iwan Fals juga sempat menyinggung mengenai kebakaran hutan yang melanda sejumlah daerah di Sumatera dan Kalimantan dalam lagu "Isi Rimba Tak Ada Tempat Berpijak". Saat membawakan lagu tersebut, Iwan Fals menampilkan visual hutan yang terbakar.

Baca juga: "Senandung Raja Singa" awali aksi liar Jamrud di Synchronize

Penampilan Iwan Fals ditutup dengan lagu "Ini Bukan Mimpi". Tapi, para penonton tampak kurang puas dan meneriakinya untuk membawakan lagu "Bento".

"Ya udah sekarang kalian yang nyanyi, kita yang joget," ujarnya.

Lagu "Bento" yang dinyanyikan oleh penonton pun mengalun sekaligus menutup penampilan perdana Iwan Fals dalam  Synchronize Festival.

Baca juga: Erwin Gutawa berkaca-kaca kenang Chrisye di panggung Synchronize

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar