counter

Liga Prancis

Montpellier hentikan tren positif Monaco

Montpellier hentikan tren positif Monaco

Bek Montpellier Joris Chotard (kanan) berusaha merebut bola dari penguasaan gelandang serang AS Monaco Aleksandr Golovin dalam laga lanjutan Liga Prancis di Stadion de la Mosson, Montpellier, Prancis, Sabtu (5/10/2019) setempat. (ANTARA/AFP/Sylvain Thomas)

Jakarta (ANTARA) - Montpellier menghentikan tren positif AS Monaco dengan membekap tamunya itu 3-1 dalam laga pekan Liga Prancis di Stadion de la Mosson, Sabtu setempat (Minggu WIB).

Hasil itu membuat Monaco yang sempat meraih kemenangan pada dua laga sebelumnya melorot lagi ke urutan ke-14 dengan koleksi sembilan poin.

Sedangkan Montpellier (14) melompat naik ke peringkat keenam, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Statistik pertandingan memperlihatkan Monaco menguasai  61 persen penguasaan bola, namun gagal memanfaatkannya untuk meraih kemenangan. Berbanding terbalik, tuan rumah tampil sangat agresif dengan melepaskan 17 percobaan tembakan yang 10 di antaranya menemui sasaran.

Baca juga: Monaco lanjutkan tren positif dengan bekap Brest 4-1

Monaco sempat mengancam lebih dulu lewat tandukan Islam Slimani dan sundulan lainnya dari Kamil Glik, namun keduanya digagalkan oleh kiper Geronimo Rulli. Montpellier justru membuka keunggulan lebih dulu saat umpan Gaetan Laborde diselesaikan dengan tandukan jarak dekat Florent Mollet yang tak bisa dihalau kiper Benjamin Lecomte pada menit ke-31.

Keunggulan itu berganda hanya tujuh menit berselang saat sebuah sepak pojok dikonversi Montpellier menjadi gol kedua yang dicetak Pedro Mendes. Berawal dari tendangan sudut yang dikirimkan Mollet ke dalam kotak penalti, sundulan Andy Delort dihalau Rulli namun bola masih hidup dan memantul untuk ditanduk Mendes ke dalam gawang.

Montpellier mengemas dua peluang lagi sebelum turun minum lewat Mollet dan Hilton, namun keunggulan 2-0 belum bertambah hingga kedua tim memasuki ruang ganti. Monaco berusaha mengawali babak kedua dengan optimistis dan mencari cara mengejar ketertinggalan, sayang peluang-peluang yang mereka ciptakan tak kunjung membuahkan hasil termasuk sontekan jarak dekat Guillermo Maripan pada menit ke-53.

Baca juga: PSG cukur Angers berkat penampilan apik Pablo Sarabia

Tiga menit kemudian, Montpellier justru memperbesar keunggulan menjadi 3-0 melalui sepakan kaki kanan Andy Delort yang memanfaatkan umpan silang Mollet. Mollet mencatatkan satu gol dan dua assist.

Monaco baru bisa membalas pada menit ke-68 lewat tendangan Wissam Ben Yedder yang berhasil memperdaya Ruli. Gol itu melecut semangat Monaco, namun lagi-lagi peluang yang mereka ciptakan kerap sukses diredam oleh barisan pertahanan Montpellier.

Tugas Montpellier mempertahankan keungggulan 3-1 kian mudah setelah Monaco dipaksa menyelesaikan laga dengan 10 pemain setelah gelandang serang Aleksandr Golovin menerima kartu kuning kedua pada menit ke-81.

Baca juga: Marseille ditaklukkan Amiens setelah enam pekan tak terkalahkan

Susunan pemain:

Montpellier (3-4-1-2): Geronimo Rulli; Pedro Mendes, Hilton, Nicolas Cozza; Salomon Sambia, Joris Chotard (Daniel Congre), Damien Le Tallec, Ambroise Oyongo; Florent Mollet (Mihalo Ristic); Andy Delort (Souleymane Camara), Gaetan Laborde
Pelatih: Michel der Zakarian

AS Monaco (4-4-2): Benjamin Lecomte; Fode Ballo, Benoit Badiashile, Kamil Glik, Guillermo Maripan (Ruben Aguilar); Aleksandr Golovin, Cesc Fabregas (Keita Balde Diao), Tiemoue Bakayoko, Gelson Martins; Islam Slimani (Adrien Silva), Wissam Ben Yedder
Pelatih: Leonardo Jardim

Baca juga: Claude Puel jadi manajer anyar Saint-Etienne jelang hadapi Lyon

 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar