Adegan pertemuan Thomas Wayne dan Arthur Fleck "Joker" ditulis ulang

Adegan pertemuan Thomas Wayne dan Arthur Fleck "Joker" ditulis ulang

Aktor Brett Cullen (REUTERS)

Jakarta (ANTARA) - Aktor Brett Cullen sang pemeran Thomas Wayne mengungkapkan bahwa akan menulis ulang adegan pertemuan antara Wayne dan Arthur Fleck (Joaquin Phoenix) di toilet gedung opera.

Adegan di mana Fleck yang lantas menyebut dirinya Joker mengkonfrontasi milyarder yang juga kandidat mayor Gotham yakni Thomas Wayne untuk menanyakan apakah dia anak Wayne sejatinya sudah ditulis ulang.

"..konfrontasi itu jauh lebih komedi dibanding aslinya yang lebih kelam," kata Cullen pada Hollywood Reporter, Sabtu (5/10).

Cullen juga menyebutkan bahwa dia menjalani syuting beberapa adegan dengan berbagai jalan cerita karena sang sutradara masih ragu apakah beberapa adegan terlalu kelam atau butuh dibuat lebih ringan.

"Visi Todd sangat unik dan aku tak akan kaget kalau film ini dan Joaquin diunggulkan untuk Oscars," katanya.

Baca juga: Rihanna jadi Poison Ivy di "Batman"?

Baca juga: Sutradara pastikan "Joker" terpisah dari DC Universe


Syuting adegan konfrontasi antara Wayne dan Fleck tak diragukan lagi menjadi adegan paling menantang bagi Cullen.

"Kami syuting beberapa kali dengan beberapa alur cerita. Itu hari yang menantang, khususnya bagi Joaquin yang mesti akting emosional."

Cullen lantas mengenang saat kamera menyorot dia dan Phoenix tengah istirahat, Phoenix mulai menggosok-gosok wajahnya dan berjalan berputar-putar dan pergi meninggalkan lokasi syuting.

"Kupikir aku ada salah bicara, tapi Todd bilang tidak, itu cuma cara dia menenangkan diri," katanya.

Saat syuting adegan itu ada saat-saat ketika dialog terpaksa dibuang hanya karena kebutuhan.

"Adegan itu ditulis ulang dan dikirimkan kepadaku pada pukul 3 pagi melalui email. Aku sudah siap dan ini adalah adegan yang sangat besar, jadi aku langsung membacanya dan latihan. Lalu ketika aku sudah siap make up pagi itu, mereka memberiku versi yang sama sekali baru. Dan kemudian ketika aku masuk lokasi syuting, mereka memberiku draft yang lebih baru lagi dan mengatakan Todd dan Joaquin siap untuk berlatih bersama," kata dia.

Baca juga: Christian Bale sebut Robert Pattinson pilihan bagus untuk "Batman"

Baca juga: Joaquin Phoenix tak akan jadi Joker di film "The Batman"


Cullen lantas berteriak pada kru "Guys, aku bahkan tak tahu apa yang ada di naskah ini."

Joaquin tertawa dan mengatakan, "Tidak apa-apa. Aku juga enggak tahu. Saat syuting nanti kita baru tahu."

Cullen juga membeberkan bagaimana dia akhirnya bisa bergabung dengan film besutan sutradara Todd Phillips, mengingat sebelumnya yang digadang-gadang jadi ayah Bruce Wayne adalah aktor Alec Baldwin.

"Awalnya, aku merekam video di Arkansas saat sedang syuting film "True Detective". Aku di LA untuk cuti sebentar dan dapat telepon katanya Todd Phillips pengin bertemu. Sayangnya aku tak bisa karena aku harus terbang kembali ke Arkansas esok hari," kata dia.

Cullen mengaku beruntung karena Phillips bersedia menemuinya pagi-pagi jam 10.00 jadi dia tetap bisa mengejar pesawat.

"Proses pembacaan naskah sangat lancar dan mereka bilang sangat tertarik padaku di bagian ini. Lalu aku dengar Alec Baldwin dikasting juga untuk peran yang masih rahasia," katanya.

Cullen mengaku tak tahu bahwa Baldwin dikasting untuk peran Thomas Wayne juga. "Aku terus bertanya-tanya dia mau jadi siapa. Dia aktor hebat," kata dia.

Terkait perannya sebagai Thomas Wayne, Cullen mengatakan senang dengan interpretasi ayah dari Batman itu di film Phillips karena tampak lebih realistis.

Cullen juga memaparkan bahwa saat pertama kali dia melihat karakter yang dibawakan Phoenix, dia merasa tak nyaman.

"Aku masuk ke ruang ganti dan Todd menunjukkan kepadaku satu adegan saat Joaquin sendirian di kamar mandi. Tidak ada yang diucapkan dalam adegan itu, tetapi Anda merasa tidak nyaman karena itu sangat pribadi. Apa yang ia komunikasikan melalui wajah dan tubuhnya sangat mencengangkan," kata Cullen.

Baca juga: Diprotes, "Joker" tak akan tayang di bioskop Aurora, AS

Baca juga: Jonah Hill akan perankan penjahat di "The Batman"?

Baca juga: "Sinyal kelelawar" menyala, tandai peringatan 80 tahun Batman

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar