Tantangan saat ini sudah transnasional,
Jakarta (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengajak mahasiswa begitu lulus dari perguruan tinggi tidak mendambakan pekerjaan berseragam ataupun belakang meja.

"Jadilah pengusaha, karena dapat berkontribusi memajukan kondisi negeri ini. Ada banyak cara mengabdi pada negeri ini dan menjadi pengusaha akan menjadi profesi yang menyenangkan karena mencari peluang," ujar Erzaldi saat orasi pada wisuda ke-74 Universitas Tarumanagara di Jakarta, Minggu.

Saat ini, banyak anak muda yang melahirkan perusahaan rintisan dan menjadi raksasa ekonomi. Untuk itu, ia mengajak anak muda untuk berpikir kreatif dan inovatif sehingga menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga: Tina Toon ajak mahasiswa melek politik

"Tantangan saat ini sudah transnasional. Era saat ini sudah bergeser, dari pertarungan secara fisik menjadi bagaimana memanfaatkan teknologi," tambahnya.

Era saat ini, lanjut dia era disrupsi. Bahkan di Jepang sudah memasuk era "society 5.0" yang mana teknologi tak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, lanjut dia kata kuncinya adalah adaptasi dari konvesional ke teknologi digital. Oleh karena itu, mahasiswa sebagai "native digital" harus bisa melakukan adaptasi dan juga melakukan inovasi.

Baca juga: Dewan: Mahasiswa jangan mudah terbawa kabar hoaks

"Jika anda menjadi pengusaha, jangan sampai kehilangan integritas dan profesionalitas. Hal itu akan disegani kawan maupun lawan anda," pesan dia.

Pada kesempatan itu, Universitas Tarumanagara mewisuda sebanyak 1.504 wisudawan yang berasal dari program S1,S2, S3, serta profesi.

Baca juga: Penyidik pulangkan mahasiswa penyebar konten penghinaan polisi



 

Pewarta: Indriani
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019