Jakarta (ANTARA) - Petenis nomor satu dunia Novak Djokovic berhasil memenangkan gelar juara tingkat tur ke-76 pada hari Minggu di Japan Open 2019, setelah mengalahkan John Millman 6-3, 6-2 .

Kemenangan itu menjadi kali ke-10 bagi petenis Serbia itu mengangkat trofi pada debut undian utamanya di turnamen tingkat tur.

"Ini adalah pekan yang fantastis dalam segala hal. Saya merasa hebat di lapangan, merasa sangat disambut oleh orang-orang Jepang, di luar lapangan juga. Mereka membuat saya merasa seperti di rumah," kata Djokovic dalam wawancara dengan atptour.com, Minggu.

Petenis Serbia itu tiba di ibukota Jepang untuk turnamen pertamanya sejak mengundurkan diri dari pertandingan putaran keempatnya di US Open karena cedera bahu.

Namun Djokovic menunjukkan bahwa ia secara fisik dalam kondisi puncak.

Djokovic tidak kehilangan satu set pun di ajang ATP 500 ini, dengan set terdekat, 7-5, melawan petenis favorit Go Soeda di babak kedua.

Dalam tiga pertandingan terakhirnya, melawan unggulan kelima Lucas Pouille, unggulan ketiga David Goffin dan Millman, yang semuanya pernah mencapai perempat final Grand Slam, Djokovic hanya kehilangan total 15 gim.

Atas kemenangan ini Djokovic berhak atas hadiah utama mencapai 391.430 dolar amerika atau lebih dari Rp5,5 miliar dan mendapat 500 poin.

Sedangkan Millman, petenis kualifikasi yang menyelamatkan tiga match point pada babak pertama kualifikasi di Tokyo, berusaha menjadi petenis Australia kelima yang mengangkat piala di ajang ini (terbaru adalah Nick Kyrgios, 2016) dan pemain kualifikasi pertama yang muncul sebagai pemenang di ATP Tur musim ini.

Petenis berusia 30 tahun ini mendapat hadiah sebesar 196.590 dolar amerika atau sekitar Rp2,7 miliar, serta mendapat tambahan 300 poin.

Baca juga: Djokovic ungkap kiat suksesnya berkarir di tenis
Baca juga: Djokovic awali debutnya di babak pertama Japan Open dengan mulus

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019