Jakarta (ANTARA) - "Joker" berhasil meraih 93,5 juta dolar AS di wilayah Amerika Utara dan 234 juta dolar AS untuk pendapatan global tanpa menghitung China karena kemungkinan tidak akan menayangkan film tersebut.

Di Amerika Utara, "Joker" mengalahkan "Venom" yang dirilis pada 2018. Film yang dibintangi oleh Tom Hardy itu hanya menghasilkan 80,3 juta dolar AS untuk wilayah domestik, demikian laporan The Hollywood Reporter, Senin.

Perolehan film yang dibintangi oleh Joaquin Phoenix itu menempatkannya sebagai film berperingkat R-Rated terbaik sepanjang masa dan film terbesar kelima sepanjang 2019.

Jika dibandingkan dengan "Venom" yang meraih 127,2 juta dolar untuk penghasilan global, "Joker" jauh melampauinya. Di Korea Selatan saja, film yang menceritakan kehidupan Arthur Fleck itu mendapat 16,3 juta dolar AS dan wilayah Asia lain termasuk Jepang meraih tujuh juta dolar AS.

Baca juga: Joaquin Phoenix "Joker", dari tragedi keluarga hingga temukan cinta

"Joker" memang jauh dari kesan pahlawan super biasa. Kesan itu memicu kepolisian untuk memperketat pengaman selama pemutaran film. Pihak bioskop di AS juga memeriksa kartu identitas penonton dan memberi peringatan bahwa peringkat "Joker" memang sangat keras.

Film arahan sutradara Todd Phillips itu mendapat nilai B+ dari CinemaScore dan 69 persen di Rotten Tomatoes.

Sementara peringkat dua box office pekan ini diduduki oleh film animasi keluarga "Abominable" dengan angka pendapatan 12 juta dolar AS.

Pada urutan ketiga ada "Dowmton Abbey" dengan pendapatan delapan juta dolar AS. Kemudian, "Hustlers" di peringkat keempat dengan 6,3 juta dolar dan "IT: Chapter Two" dengan 5,4 juta dolar pada peringkat kelima.

Baca juga: Bioskop di Eropa larang topeng dan senjata mainan di pemutaran "Joker"

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019