Tokyo (ANTARA) - Saham-saham Tokyo dibuka sedikit lebih tinggi pada perdagangan Senin pagi, karena sentimen investor didukung data pekerjaan AS positif untuk September yang dirilis akhir pekan lalu meskipun kenaikan awal dibatasi oleh kekhawatiran yang sedang berlangsung atas masalah perdagangan.

Pertumbuhan lapangan kerja moderat AS pada September meringankan serentetan data ekonomi suram pekan lalu yang telah menggiring pasar dan memicu kekhawatiran bahwa ekonomi terbesar dunia itu mungkin akan memasuki resesi.

Pada pukul 09.15 waktu setempat, indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo (TSE) naik 21,54 poin atau 0,10 persen, dari tingkat penutupan Jumat (4/10/2019), menjadi diperdagangkan di 21.431,74 poin.

Sementara itu, indeks Topix yang lebih luas dari semua saham papan utama di pasar Tokyo menambahkan 3,22 poin atau 0,20 persen menjadi diperdagangkan pada 1.576,12 poin.

Saham-saham transportasi laut, asuransi dan saham-saham yang berorientasi ritel paling banyak mencatat kenaikan pada menit-menit pembukaan setelah bel perdagangan pagi.

Laporan Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan penggajian (payrolls) nonpertanian meningkat 136.000 pada bulan lalu dan tingkat pengangguran turun ke level terendah 50-tahun, tetapi gaji sektor manufaktur turun untuk pertama kalinya dalam enam bulan.


Baca juga: Aksi beli kembali angkat saham Tokyo ditutup lebih tinggi
Baca juga: Bursa saham Tokyo bervariasi didukung Wall Street dan penguatan yen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019