Ribuan pelajar Pontianak disiapkan ikuti khataman Al Quran massal

Ribuan pelajar Pontianak disiapkan ikuti khataman Al Quran massal

Dokumentasi - Kegiatan khataman Al Quran massal dalam rangka HUT Kota Pontianak tahun 2018. (FOTO ANTARA/Istimewa)

Peserta yang sah akan memperoleh sertifikat khataman massal Al Quran yang ditandatangani Wali Kota Pontianak sebagai salah satu syarat pendaftaran masuk ke SMP sederajat
Pontianak (ANTARA) - Sekitar 4.500 pelajar di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, siap dilibatkan dalam kegiatan khataman Al Quran massal yang bakal digelar pada 19 Oktober 2019 di Masjid Raya Mujahidin dalam rangka Hari Jadi Kota Pontianak ke-248.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Pontianak, Mulyadi di Pontianak, Senin, menjelaskan khataman Al Quran massal ini diperuntukkan khusus bagi pelajar SD atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang belum pernah mengikuti kegiatan tersebut yang digelar pada Hari Jadi Kota Pontianak tahun sebelumnya.

Menurut dia bagi sekolah-sekolah yang ingin mendaftarkan siswa-siswinya, bisa langsung ke Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak Jalan Sutoyo mulai tanggal 1-15 Oktober 2019. "Pada hari kerja mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB, katanya.

Adapun syarat pendaftaran, katanya, yakni para peserta mengisi formulir pendaftaran dengan mencantumkan nama peserta, asal sekolah serta ditandatangani kepala sekolah masing-masing.

"Peserta laki-laki mengenakan pakaian telok belanga, sedangkan perempuan mengenakan pakaian baju kurung, setiap sekolah wajib didampingi dua orang guru. Peserta yang sah akan memperoleh sertifikat khataman massal Al Quran yang ditandatangani Wali Kota Pontianak sebagai salah satu syarat pendaftaran masuk ke SMP sederajat," katanya.

Umat Islam Pontianak Shalat Gaib untuk Muslim Rohingya


Selain khataman Al Quran massal, kata Mulyadi, masih dalam rangkaian Hari Jadi Kota Pontianak ke-248, Pemkot Pontianak juga menggelar berbagai lomba, di antaranya lomba adzan, lomba da'i cilik dan lomba imla' penulisan ayat Al Quran.

Khusus untuk lomba adzan terbuka bagi pelajar SD/MI, SMP/MTs, pondok pesantren maupun remaja masjid.

Kategorinya, kata dia, terdiri atas kategori anak-anak dengan maksimum usia kurang dari 14 tahun, remaja usia 14 tahun dengan maksimum 23 tahun.  "Rencananya lomba adzan ini akan digelar pada hari Sabtu, 12 Oktober 2019 di Masjid Al Khalifah Kantor Wali Kota Pontianak," katanya.

Sementara untuk lomba da'i cilik, peserta adalah pelajar TK, SD/MI dan pondok pesantren. Ada tiga tempat pendaftaran, yakni di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak dan Bagian Kesejahteraan Sosial Sekretariat Daerah Kota Pontianak.

"Untuk lomba da'i cilik ini rencananya akan digelar selama dua hari, yakni tanggal 11 dan 12 Oktober 2019 di Taman Alun-alun Kapuas," katanya.

Sedangkan lomba imla' penulisan ayat Al Quran, peserta berasal dari SD/MI, kategori anak-anak maksimum usia kurang dari 14 tahun. Tempat pendaftaran Kantor Disdikbud Kota Pontianak.

"Waktu pelaksanaan lomba ini rencananya hari Sabtu tanggal 12 Oktober 2019 di Aula SSA Kantor Wali Kota Pontianak," demikian Mulyadi.

Baca juga: Pontianak akan pecahkan rekor MURI khatam Alquran massal

Baca juga: Pontianak wacanakan syaratkan masuk SMA khatam Al Quran

Baca juga: Pemkot Pontianak berikan tunjangan bagi guru ngaji

Pewarta: Andilala
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar