Itera mampu ciptakan generasi unggul berdaya saing

Itera mampu ciptakan generasi unggul berdaya saing

Mohammad Nuh saat menyampaikan orasi Ilmiah di kampus ITERA, Lampung Selatan, Senin, 07/10/2019 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) diharapkan menjadi salah satu perguruan yang mampu menciptakan generasi unggul dan berdaya saing menyongsong 100 Tahun Indonesia Merdeka pada 2045.

"Itera dan Insititut Teknologi Kalimantan hadir sebagai salah satu terobosan dan memperbaiki ketimpangan SDM berbasis sains dan teknologi yang selama ini terdistribusi hanya di Pulau Jawa, " kata mantan Mendikbud Mohammad Nuh saat membawakan orasi ilmiah perayaan Dies Natalis ke-5 Itera di Lampung Selatan, Senin.

Menurutnya, dalam menyongsong datangnya 100 Tahun Indonesia Merdeka serta menciptakan negara yang maju dan sejahtera, memerlukan suatu gerakan transformatif salah satunya dengan membuka institusi pendidikan sains dan teknologi di luar Pulau Jawa.

"Kita diberi anugerah populasi produktif yang melimpah atau yang dikenal sebagai bonus demografi, sehingga perlu kita menciptakan sarana untuk mendidik,mengubah pola pikir dan menciptakan generasi unggul dalam bidang pengembangan teknologi dan sains salah satunya melalui Itera, " katanya.

Dibangunnya institut teknologi di luar Pulau Jawa yaitu Itera dan juga ITK menjadi salah satu bentuk keseriusan pemerintah dalam mencerdaskan dan mempersiapkan SDM unggul menuju perkembangan dan kemajuan bangsa.

Itera diharapkan dapat menjadi institut unggul, berdaya saing dan menjadi agen perubahan serta agen pembangunan bagi masyarakat.

Baca juga: Dukung SDM unggul, Untar siapkan lulusan berdaya guna dalam usaha

Menurutnya, Indonesia dapat maju bila semua pihak bekerja keras bersama, salah satunya melalui perluasan pendidikan teknologi sains ke luar Pulau Jawa guna menciptakan generasi unggul dan berdaya saing.

Hal tersebut juga ditanggapi positif oleh para mahasiswa Itera.

"Saya sebagai mahasiswa institut teknologi dan sains satu-satunya di pulau Sumatera merasa bangga menempuh pendidikan di Itera, karena kualitas disini tidak kalah dengan institut lainnya, dan tugas kita sebagai generasi muda adalah belajar, berinovasi, untuk kemajuan bangsa harus terus dilaksanakan," ujar Bella.

Menurutnya, dengan adanya perluasan pendidikan di berbagai pulau di Indonesia dapat membantu menciptakan generasi muda yang inovatif karena generasi muda daerah tidak kalah bersaing dengan yang ada di kota besar.

Baca juga: Satya Yudha: Kualitas SDM yang unggul jadi penopang utama industri 4.0
Baca juga: Pelatihan vokasi dengan 3R siapkan SDM unggul revolusi industri 4.0

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Mohammad Nuh jenguk BJ Habibie

Komentar