Serang (ANTARA) - Sebanyak 4500 batang pohon magrove ditanam di wilayah pesisir Banten, penanaman tersebut dalam rangka HUT TNI ke-74 dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, salah satu lokasi penanaman pohon mangrove di Banten yakni di Pantai Karangantu di Kota Seran, Senin.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir, PJU Polda Banten, Danrem 064/MY Kolonel Infantri Windiyatno, Danlanal Banten, Komandan Gorda TNI AU, Forkompimda Banten, BUMN dan BUMD Banten serta masyarakat setempat.

Danlanal Banten Kolonel Laut (P) Golkariansyah menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Kapolda Banten beserta PJU Banten, Danrem 064/MY, Komandan Gorda, Kadis Pariwisata Provinsi Banten yang telah hadir mengikuti penanaman pohon mangrove ini.

Ia mengatakan, penanaman pohon mangrove dalam rangka HUT TNI itu dilakukan secara serentak untuk mendapatkan rekor MURI yang bertemakan Selamatkan Bumi Untuk Anak Cucu Kita.

"Kita hidup hanya menumpang dengan anak cucu kita. Kalau bukan dari sekarang, kapan lagi kita selamatkan bumi ini. Apalagi untuk anak cucu kita ke depan," kata Kolonel Laut (P) Golkariansyah.

Baca juga: TNI-Pemprov Lampung tanam 5.000 pohon mangrove

Baca juga: Prajurit TNI tanam mangrove peringati HUT ke-74

 

Bersama TNI tanam mangrove agar pantai tak abrasi



Menurutnya, kegiatan penanaman pohon mangrove ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dengan jumlah 300.074 pohon mangrove yang dilaksanakan di 17 titik se-Indonesia, dengan terpusat berada di Ancol dipimpin Panglima TNI.

"Alhamdulillah ada sebanyak 4500 pohon mangrove yang kita sediakan untuk ditanam di wilayah Provinsi Banten ini. Setelah dilakukan penanaman, kita juga akan terus melakukan perawatan hingga bisa tumbuh seperti pohon-pohon lainnya," kata Danlanal.

Sebanyak 364 personil yang ikut berpatisipasi dalam menanam pohon Mangrove ini, terdiri dari TNI, Polri, BUMN, BUMD, instansi pemerintahan, pelajar serta masyarakat setempat. Selain penanaman pohon dilakukan kegiatan pemberian bantuan alat keselamatan bagi para nelayan dan bantuan sembako untuk anak yatim piatu.

"Mudah-mudahan dengan menanam pohon hari ini, ke depan dapat bermanfaat bagi anak cucu kita," katanya.*

Baca juga: Pelabuhan Untia Makassar ditanami ribuan bibit mangrove oleh TNI-AL

Baca juga: TNI AL Bengkulu tanam 4.500 mangrove

Pewarta: Mulyana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019