counter

Formula 1

Pebalap Jepang Yamamoto akan tampil bareng Toro Rosso di Suzuka

Pebalap Jepang Yamamoto akan tampil bareng Toro Rosso di Suzuka

Pebalap tim Toro Rosso Daniil Kvyat ketika sesi latihan bebas GP Rusia, Autodrom Sochi. (27/9/2019) Reuters/Maxim Shemetov

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Jepang Naoki Yamamoto akan tampil di Grand Prix Jepang akhir pekan nanti membawa mobil tim Toro Rosso STR15 di sesi latihan bebas, Jumat.

Toro Rosso, tim yang dimiliki oleh Red Bull itu, ditenagai oleh Honda sedangkan Sirkuit Suzuka, tempat berlangsungnya seri ke-17 musim ini, adalah milik pabrikan asal Jepang itu.

Pebalap Jepang yang terakhir kali membalap di Formula 1 adalah Kamui Kobayashi, yang saat itu membalap bersama tim Caterham pada 2014.

Baca juga: Toro Rosso ajukan permohonan untuk ganti nama tim

Yamamoto (31), adalah juara Super Formula dan seri Super GT touring car, di mana dia berekan dengan juara dunia Formula 1 2009 Jenson Button.

"Ini akan jadi momen spesial dan aku senang akan bisa membaginya dengan para penggemar di trek balap yang luar biasa ini di mana untuk pertama kalinya aku menonton aksi mobil-mobil Formula 1 27 tahun lalu," kata Yamamoto seperti dikutip Reuters, Senin.

Yamamoto, yang mendapat dukungan dari Honda, akan membawa mobil yang dikendarai Pierre Gasly khusus untuk sesi latihan bebas sebelum menyerahkannya kembali ke sang pebalap asal Prancis itu di sisa akhir pekan.

Yamamoto merebut titel Super Formula, balapan kursi tunggal level tertinggi di Jepang, pada 2013. Sementara Gasly pernah menjadi runner-up kejuaraan tersebut pada 2017.

Baca juga: Formula 1 kurangi jumlah sesi tes resmi musim depan

Saat ini Yamamoto memimpin klasemen pebalap Super Formula musim ini.

"Kami harap Naoki memanfaatkan dengan baik kesempatan ini, sehingga dia belajar dari sana dan membantunya sebagai seorang pebalap," kata kepala brand operation Honda Katsuhide Moriyama.

"Kami juga berharap jika melihat Yamamoto di trek akan menjadi inspirasi para pebalap muda Jepang sehingga tak lama lagi di masa depan kami mempunyai pebalap Jepang yang berkompetisi di Formula 1."

Baca juga: Correa harus rehabilitasi panjang setelah jalani operasi 17 jam
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar