counter

Liga Spanyol

Barcelona pecat Victor Valdes sebagai pelatih U-19

Barcelona pecat Victor Valdes sebagai pelatih U-19

Victor Valdes saat melatih Juvenil A atau Barcelona U-19. (ANTARA/HO/Instagram/Victorvaldesteam)

Jakarta (ANTARA) - Klub raksasa Spanyol, Barcelona, memecat Victor Valdes dari kursi kepelatihan Juvenil A atau Barcelona U-19 terhitung sejak Senin (7/10).

Pemecatan itu dilaporkan secara resmi melalui laman klub Barcelona. Selain karena sudah tidak sejalan dengan filosofi klub, dikabarkan mantan kiper andalan Blaugrana itu juga terlibat konflik internal dengan Patrick Kluivert yang memimpin akademi La Masia.

"Barcelona FC mengonfirmasi bahwa Victor Valdes pada Senin sudah tidak lagi menjadi bagian pelatih U-19A," seperti dilansir laman resmi klub, Senin.

Baca juga: Victor Valdes latih Barcelona U-19

Sementara itu berdasarkan laporan Marca, formasi Valdes juga menjadi salah satu alasan kenapa ia disingkirkan. Valdes menggunakan formasi 4-4-2 yang dianggap bertentangan dengan filosofi akademi yang "wajib" menggunaakan 4-3-3.

Ia sempat diultimatum petinggi klub karena tak menggunakan formasi yang telah ditentukan. Valdes beranggapan bahwa pemilihan formasi anak didiknya merupakan kewenangan dia.

Sebelumnya, Valdes bergabung kembali ke Camp Nou untuk menangani skuad Barcelona U-19 pada Juli 2019.

Saat berseragam Barcelona, pria berusia 37 tahun ini berhasil mengantarkan Blaugrana meraih enam gelar La Liga dan tiga Liga Champions. Selain itu ia juga membawa Spanyol memenangi Piala Dunia 2010

Sebagai gantinya, Barcelona menunjuk Franc Artiga sebagai tim pelatih U-19A. Artiga sebelumnya merupakan bagian pelatih Juvenil B (U-19B) dan telah bersama di La Masia sejak 2010.

Baca juga: Valdes tandai akhir karier dengan tutup akun media sosial

Baca juga: Barcelona akan tunjuk Victor Valdes untuk besut tim akademi

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kacamata Berbingkai Kayu Yogyakarta Yang Mencapai Barcelona

Komentar