Ini juga sebagai batu loncatan untuk SEA Games supaya mereka bisa tampil lebih maksimal
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak sebelas lifter junior Indonesia akan diuji kemampuannya pada Kejuaraan Asia Angkat Besi Junior IWF 2019 yang diharapkan menjadi ajang pemanasan mereka dalam menghadapi SEA Games di Filipina pada November 2019.

Kejuaraan Asia Angkat Besi Junior akan diselenggarakan di Pyongyang, Korea Utara pada 19-27 Oktober mendatang.

Lifter putra yang akan diturunkan adalah Albin Andrean Putra (kelas 50 kg), Muhammad Faathir (61 kg), Muhammad Halim Setiawan (62 kg), Muhammad Yasin (67 kg), Rizki Juniansyah (67 kg), dan Rahmat Erwin Abdullah (73 kg).

Sementara lifter putri terdiri dari Nur Vinatasari (44 kg), Windy Cantika Aisah (49 kg), Juliana Klarisa (55 kg), Putri Aulia Andriani (59 kg), dan Tsabitha Alfiah Ramadani (64 kg).

Pelatih nasional angkat besi Dirdja Wihardja mengatakan sebagian lifter junior Indonesia belum pernah tampil pada turnamen internasional, sehingga Kejuaraan Asia itu diharapkan dapat menambah jam terbang mereka untuk bersaing di level dunia sebelum tampil di SEA Games nanti.
 
Sejumlah lifter muda Indonesia melakukan angkatan saat mengikuti pemusatan latihan nasional (Pelatnas) di Mess Kwini, Jakarta, Senin (6/5/2019). Latihan tersebut untuk persiapan Kejuaraan Dunia Junior IWF 2019 di Suva, Fiji, 1-8 Juni serta untuk kejuaran dunia lainnya. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.


Baca juga: Songsong SEA Games 2019, lifter Indonesia fokus tingkatkan "power"

"Ini merupakan kejuaraan internasional pertama bagi sebagian atlet junior. Ini juga sebagai batu loncatan untuk SEA Games supaya mereka bisa tampil lebih maksimal. Kemudian kita evaluasi lagi kekurangan mereka dalam waktu sebulan setengah sebelum SEA Games itu apa aja" ujar Dirdja saat ditemui di sela-sela latihan di Mess Kwini, Jakarta, Senin.

Para lifter junior yang menjadi tumpuan Indonesia itu diharapkan dapat memanfaatkan Kejuaraan Asia Angkat Besi Junior sebaik mungkin, terutama untuk mengasah mental dan mematangkan teknik sebelum bersaing di SEA Games 2019.

"Ini lifter junior kalau kita langsung turun di SEA Games nanti demam panggung kita gak mau ambil resiko itu. Maka kita kasih jam terbang di Kejuaraan Asia," ucap Dirdja menambahkan.

PB PABBSI sebelumnya telah menentukan nama-nama atlet angkat besi yang akan membela Indonesia pada perhelatan SEA Games 2019. Formasi tersebut diisi oleh beberapa lifter junior seperti Windy Cantika, Juliana Klarisa, Tsabitha Alifiah Ramadani, dan Rahmat Erwin Abdullah.

Baca juga: Angkat besi butuh regenerasi agar terus panen prestasi

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019