Mendikbud ingatkan budaya penangkal ideologi bertentangan Pancasila

Mendikbud ingatkan budaya penangkal ideologi bertentangan Pancasila

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam pembukaan Pekan Budaya Nasional, di Istora Senayan, Jakarta, Senin (7/10/2019). (ANTARA/Aubrey Fanani)

"Ancaman dari luar bisa diimbangi dengan pendekatan halus seperti ini, jadi tidak hanya dengan pendekatan kekerasan," kata Mendikbud.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengingatkan budaya adalah penangkal ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

"Budaya kita sebagai alat penangkal berbagai macam pengaruh dari luar terutama pikiran yang bertentangan bahkan mengancam ideologi eksistensi kita yaitu Pancasila," kata Muhadjir, di Jakarta, Senin.
Baca juga: Kemristekdikti: penguatan karakter Pancasila dilakukan semua profesi

Dia mengatakan dengan memperkuat sisi budaya, maka Indonesia sedang menggunakan pendekatan lunak untuk masalah-masalah tersebut.

"Ancaman dari luar bisa diimbangi dengan pendekatan halus seperti ini, jadi tidak hanya dengan pendekatan kekerasan," kata dia lagi.

Menurutnya, agar budaya luhur terus dilestarikan maka budaya pun harus semakin mutakhir, salah satunya memberi ruang anak muda dalam pelestarian budaya.
Baca juga: Pemerintah akan pisahkan pendidikan kewarganegaraan dan Pancasila

Menurut dia, budaya sebenarnya juga tidak bertentangan dengan agama.

"Harus ada kompromi, enggak ada benturan, jadi budaya memperkaya nilai-nilai tradisional kita. Dan nilai tradisional akan beradaptasi dengan prinsip-prinsip keagamaan dan pedoman keagamaan kita," kata Muhadjir pula.

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menteri Malaysia puji rencana penghapusan UN di Indonesia

Komentar