Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi mencatat kerugian material akibat bencana yang terjadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat sepanjang September 2019 mencapai Rp3,2 miliar.

"Kerugian terbesar berasal dari kejadian bencana kebakaran yang pada September lalu mendominasi kasus bencana," kata Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna di Sukabumi, Selasa.

Menurut dia, besarnya kerugian bencana pada September karena kejadian kebakaran yang melanda beberapa lokasi di kabupaten terluas di pulau Jawa dan Bali tersebut cukup tinggi dan seluruh rumah yang terdampak tidak ada yang berhasil diselamatkan.

Baca juga: BPBD: 174 titik di Sukabumi sudah dalam kondisi kekeringan

Tidak hanya rumah, kebakaran tersebut juga menghanguskan harta benda milik korban seperti peralatan rumah tangga, elektronik, pakaian hingga kendaraan. Belum lagi ditambah kebakaran hutan dan lahan yang pada bulan lalu terjadi beberapa kasus.

Selain kebakaran, yang menjadi penyumbang terbesar kerugian akibat bencana adalah kekeringan di mana sejumlah lahan pertanian tidak bisa ditanami dan ada yang gagal panen. Kemudian,bencana lainnya yang terjadi sepanjang September yakni longsor yang mengakibatkan saluran air rusak sedang.

Dari rekapitulasi kejadian bencana selama September, BPBD mencatat untuk kasus kebakaran sebanyak 21 kejadian, kekeringan 15 kejadian dan longsor satu kejadian. Adapun rumah yang terdampak sebanyak sebanyak 31 rumah dengan rincian 29 rusak berat dan dua rusak sedang.

"Meskipun kejadian bencana di September cukup tinggi, tetapi tidak ada korban jiwa hanya empat warga saja yang mengalami luka-luka seperti korban kebakaran namun sudah ditangani," tambahnya.

Daeng mengatakan untuk Oktober ini sudah ada beberapa kejadian bencana yang tetap didominasi kebakaran. Pihaknya juga tidak henti-henti mengingatkan dan mengimbau warga untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran dan selalu waspada karena musim kemarau ini cukup panjang sehingga kondisi wilayah menjadi kering dan rawan terjadi kebakaran. 

Baca juga: Sepanjang September, terjadi 37 kejadian bencana di Sukabumi

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019