Pameran ini melibatkan 51 IKM yang menampilkan berbagai macam produk sandang, pangan, hingga kerajinan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian menggelar pameran produk unggulan industri kecil dan menengah (IKM) asal Sumatera Selatan bertajuk "Sriwijaya Exhibition" pada 8-11 Oktober 2019 di Plasa Pameran Kementerian Perindustrian, Jakarta.

"Sriwijaya Exhibition ini menjadi salah satu kegiatan tahunan yang dapat mendorong para perajin dari berbagai wilayah di Provinsi Sumsel untuk semakin memperkaya kreativitas dan ide dalam berkarya," kata Direktur Industri Kecil dan Menengah Kimia, Sandang, Aneka, dan Kerajinan Kemenperin  Ratna Utarianingrum di Jakarta, Selasa.

Pameran ini melibatkan 51 IKM  yang menampilkan berbagai macam produk sandang, pangan, hingga kerajinan unggulan asal Bumi Sriwijaya.

Beberapa di antaranya yakni pakaian dari kain songket, busana muslim, sepatu khas Sumsel, empek-empek, aneka kerupuk, keramik, produk dari rotan, hingga produk-produk fesyen.

"Sriwijaya Exhibition ini bisa sekaligus memperkenalkan budaya dan potensi yang dimiliki masyarakat Sumatera Selatan, sehingga prospek pasar semakin luas dan berdampak positif,” papar Ratna.

Baca juga: Kembangkan wirausaha baru, Kemenperin bantu mesin buat IKM Sumsel

Ia pun menambahkan, bahwa hingga 2018 jumlah IKM yang ada di Sumsel mencapai 65.682 unit usaha dan dapat menyerap tenaga kerja dengan total 216.824 orang.

"Sumsel memiliki sumber daya yang luar biasa untuk pengembangan sektor IKM. Hal ini dapat dilihat dari unsur kreativitas pada industri kerajinan dan sandang seperti produk kain songket,” sebutnya.

Ratna berharap pameran ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produksi dalam negeri, sehingga bisa memfasilitasi terjadinya transaksi investasi dan bisnis perdagangan bagi IKM Sumatera Selatan.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyampaikan pameran yang ini dapat menjadi ajang promosi dan  menumbuhkembangkan IKM Sumsel.

Dengan demikian, produk-produknya akan mempunyai daya saing kuat dalam merebut pangsa pasar.

"Dengan terpenuhinya hal-hal tersebut diharapkan IKM akan mampu bersaing dengan para pelaku usaha lainya dan secara bertahap akan dapat membangun citra yang baik terhadap produknya," sebutnya.

Baca juga: Kementerian Perindustrian dorong pertumbuhan IKM di OKU Sumsel
Baca juga: Sriwijaya Exhibition 2015 digelar di Kemenperin

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019