Kebakaran hutan-lahan mencakup 15 hektare area Kawah Putih di Bandung

Kebakaran hutan-lahan mencakup 15 hektare area Kawah Putih di Bandung

Asap mengepul dari area kebakaran hutan dan lahan di objek wisata Kawah Putih di Kabupaten Bandung, Selasa (8/10/2019). (ANTARA/HO-Polres Bandung)

Bandung (ANTARA) - Kebakaran hutan dan lahan meliputi area seluas 15 hektare di kawasan objek wisata Kawah Putih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menurut Kepala Kepolisian Resor Bandung AKBP Indra Hermawan. 

"Luas yang terbakar kurang lebih 15 hektare dan diperkirakan akan bertambah lima hektare," kata Indra di Bandung, Selasa.

Ia mengatakan api kemungkinan akan menjalar karena area itu memiliki serasah tebal serta topografinya curam dan berbatu, menyulitkan petugas menjangkau lokasi untuk memadamkan kebakaran. ​​​

"Lokasinya curam dan berbatu, sulit dijangkau, dan bisa membahayakan," kata dia.

Guna mencegah kebakaran lahan di Kawah Putih meluas, petugas telah membuat jalur sebagai penyekat.

Indra mengatakan bahwa saat ini petugas Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Bandung sedang melakukan proses pendinginan di area kebakaran.
​​​​​​​
"Petugas yang membantu pemadaman ada sebanyak 389," kata dia.

Menurut Kepala Seksi Pemadaman dan Investigasi Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Bandung M Saepuloh, kebakaran yang terjadi di lahan gambut yang ada di kawasan objek wisata Kawah Putih terjadi sejak Senin (7/10) sekitar pukul 14.30 WIB.

Baca juga:
Pemkab Bandung minta bantuan BNPB padamkan karhutla Kawah Putih
Minimalisasi korban, sebagian lokasi Kawah Putih Ciwidey ditutup

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kebakaran berhenti, Kawah Putih kembali ramai

Komentar