counter

NBA

Televisi China tangguhkan siaran pertandingan ekshibisi NBA

Televisi China tangguhkan siaran pertandingan ekshibisi NBA

Pemain Toronto Raptors Kawhi Leonard (kiri) mencoba melewati hadangan pemain Golden State Warriors Stephen Curry (kanan) pada gim ketiga Final NBA tahun 2019 di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Kamis (6/6/2019) waku Indonesia. Toronto Raptors, tim asal Kanada tersebut berhasil mengalahkan Golden State Warriors di gim ketiga dan untuk sementara unggul 2-1. ANTARA FOTO/USA TODAY Sports via REUTERS/Sergio Estrada/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Lembaga penyiaran yang dikelola pemerintah China, Selasa, mengatakan akan segera menangguhkan rencana untuk menyiarkan dua pertandingan ekshibisi pramusim NBA yang digelar di China pekan ini sebagai dampak yang meluas atas cuitan eksekutif NBA dalam mendukung para pengunjuk rasa di Hong Kong.

"Kami percaya bahwa setiap komentar yang menantang kedaulatan nasional dan stabilitas sosial tidak berada dalam ruang lingkup kebebasan berbicara," kata China Central Television (CCTV) pada akun media sosialnya.

"Untuk tujuan ini, Saluran Olahraga CCTV telah memutuskan untuk segera menangguhkan rencana untuk menyiarkan pramusim NBA (China Games) dan akan segera menyelidiki semua kerja sama dan komunikasi yang melibatkan NBA."

Liga bola basket AS menghadapi serangan balasan yang meningkat di China atas cuitan pekan lalu oleh manajer umum Houston Rockets Daryl Morey yang menyatakan dukungan bagi para demonstran di negara semi-otonom Hong Kong yang telah melakukan demonstrasi yang semakin keras untuk menuntut lebih banyak kebebasan.

Pengumuman itu memperjelas bahwa CCTV mengacu pada dua pertandingan ekshibisi NBA tahunan di China, yang tahun ini menampilkan Los Angeles Lakers melawan Brooklyn Nets.

Mereka dijadwalkan bermain di Shanghai pada Kamis dan di kota Shenzhen, China selatan, Sabtu.

CCTV tidak menyebutkan pertandingan pada musim reguler mendatang, juga tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang rencananya untuk meninjau semua ikatan dengan NBA.

Langkah oleh CCTV adalah indikasi terbaru bahwa NBA dapat mengalami kerusakan secara signifikan di pasar China yang sangat penting.

CCTV dan Tencent Holdings, yang menyiarkan pertandingan NBA di China telah mengatakan mereka akan menghentikan rencana untuk menyiarkan pertandingan-pertandingan Rockets, sementara sponsor utama China juga telah memutuskan hubungan.

Para pemain Nets, eksekutif, dan ofisial NBA akan tampil di sebuah acara publisitas di satu sekolah dasar Shanghai pada Selasa sore, tetapi liga tiba-tiba membatalkannya hanya dua jam sebelum pertandingan dimulai, tanpa memberikan penjelasan.

Perwakilan NBA tidak segera menanggapi pertanyaan AFP tentang apakah pertandingan Lakers-Nets akan dibatalkan.

NBA telah menyebut cuitan Morey "disesalkan" tetapi komisaris Adam Silver pada Senin bersikeras bahwa liga mendukung haknya untuk mengekspresikan pendapatnya.

"Kami sangat tidak puas dan menentang komentar (Silver) dalam mendukung hak Morey untuk kebebasan berekspresi," kata pernyataan CCTV.

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar