Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) GreenMetric menggelar lokakarya kampus hijau di Ekuador dengan penyelenggara Escuela Superior Politecnica De Chimborazo (ESPOCH) yang bertujuan menyosialisasikan pemeringkatan universitas se-dunia UI GreenMetric dan mengundang lebih banyak universitas di Ekuador untuk bergabung.

"Tim UI Greenmetric juga membuka peluang untuk kolaborasi antara universitas di Ekuador dan UI GreenMetric World University Rangkings Network (UIGWURN)," kata Kepala Humas dan KIP UI Rifelly Dewi Astuti di Kampus UI Depok, Selasa.

Menurut dia lebih dari 10 universitas menghadiri lokakarya dan menandatangani Deklarasi Keanggotaan UIGWURN, diantaranya adalah Escuela Superior Politecnica De Chimborazo, Escuela Superior Politecnica del Litoral, Universidad San Fransisco de Quito.

Lokakarya dimulai dengan tour berkeliling universitas dengan mengendarai sepeda yang melibatkan peserta lokakarya, mahasiswa, dan staf ESPOCH.

Upacara pembukaan dimulai dengan sambutan dari Rektor ESPOCH Chimborazo; Dr. Byron Ernesto Vaca Barahona, diikuti oleh Ketua UI GreenMetric; Prof Riri Fitri Sari, dan Duta Besar Indonesia untuk Ekuador; Dra. Diennaryati Tjokrosuprihatono, M.Psi.

Baca juga: UI raih peringkat kampus terhijau

"Ini adalah pertama kalinya lagu kebangsaan Republik Indonesia dan lagu kebangsaan Ekuador dinyanyikan dalam upacara pembukaan lokakarya nasional UI GreenMetric," katanya.

Dikatakannya UI GreenMetric telah menjadi suatu jaringan universitas yang besar dengan koordinator di 29 negara.

Tahun ini lokakarya UI GreenMetric telah diadakan di Irlandia, Hungaria, Taiwan, Rusia, Kazakhstan, Kolombia , Brasilia, dan Turki, serta menyusul di Tunisia dan Cyprus.

Baca juga: UI nobatkan Wageningen University sebagai kampus hijau terbaik

Sesi 1 dan 2 terdiri dari presentasi dari Prof. Riri Fitri Sari, memperkenalkan konsep UI GreenMetric dan peranannya dalam mendukung upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, dan dari Dr. Nyoman Suwartha yang menguraikan indikator UI GreenMetric dan proses pengiriman data.

Sesi ke-3 adalah berbagi pengalaman dalam upaya keberlanjutan kampus yang telah dilakukan oleh universitas-universitas di Ekuador. Lokakarya hari pertama ditutup dengan diskusi terbuka tentang kegiatan yang akan dilakukan bersama.

Lokakarya hari kedua terdiri dari kunjungan ke fasilitas pengajaran dan penelitian universitas ESPOCH untuk melinat buktipencapaian Espoch di UI Greenmetric.

Tim dibawa mengunjungi situs ilmiah yaitu stasiun meteorologi Espoch di gunung Chimborazo, yang merupakan gunung dengan titik pusat terjauh dari bumi. Upaya mitigasi perubahan iklim global telah dilakukan oleh Espoch dengan lokasinya yang unik di Riobamba, 30 km dari gunung.

Baca juga: UI GreenMetric: University of Nottingham kampus hijau terbaik di dunia

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019