Jakarta (ANTARA) - Pembawa acara Nycta Gina menyadari betul pentingnya bagi seorang anak memiliki kesempatan bermain.

Untuk itu, ia membiarkan putra sulungnya yang kini berusia tiga tahun, bermain apa saja dan di mana saja selama itu aman bagi buah hatinya.

"Aku biasanya mengawasi ada benda tajam atau ada yang berbahaya atau enggak, selebihnya dilepasin," kata Nycta di acara Cussons Bintang Kecil di Jakarta, Selasa.

Putranya tergolong anak yang aktif bermain baik di dalam maupun di luar rumah. Menurut Nycta, ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan menjadi mainan, bukan cuma barang-barang yang dibeli di toko.

"Apapun mainannya, bisa melatih kecerdasan, enggak harus puzzle atau sudoku, walau tetap mainan itu kuberikan. Main di alam juga nambah wawasan baru," ujarnya.

Sejauh ini, presenter yang dikenal sebagai Jeng Kelin dalam sebuah acara televisi itu, tidak membatasi waktu bermain selama masih dalam batas wajar.

Menurut psikolog, orang tua sebaiknya menyempatkan waktu setidaknya sepuluh menit untuk bermain dengan anak setiap hari. Interaksi antara orang tua dan anak menciptakan kedekatan yang berdampak positif ketika buah hati beranjak dewasa.

Sebagai wanita karir, Nycta tidak bisa menghabiskan banyak waktu untuk berinteraksi dengan anak-anaknya. Namun penyiar radio itu tidak berkecil hati.

Dia yakin waktu berkualitas, meski durasinya sebentar, bisa tetap membuatnya akrab dengan anak-anak. "Tiap hari main sama mereka, tidur sama mereka, aku tahu perkembangan baru pertama mereka," ujar dia.

Baca juga: Sepuluh menit waktu minimal bermain bersama anak

Baca juga: Kesalahan yang sering dilakukan orang tua saat bersama anak

 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019