Bandung (ANTARA) - Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat menyatakan hingga Selasa sebanyak 69 warga Jabar (sebelumnya berjumlah 68 orang) akan dipulangkan dari Posko Pengungsian BTN Kota Sentani Kabupaten Jayapura, Rabu (9/10), ke kabupaten/kota masing-masing.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Dodo Suhendar menyebutkan warga yang dipulangkan dari Papua terdiri atas warga Kabupaten Garut sebanyak 18 orang, warga Kabupaten Majalengka dua orang, dan warga Kabupaten Sukabumi enam orang.

Warga Kota Bandung empat orang, Kabupaten Bandung lima orang, Kabupaten Kuningan dua orang, Kabupatem Tasikmalaya enam orang, Kabupaten Sumedang delapan orang, Kabupaten Subang delapan orang, Kabupaten Purwakarta tiga orang, Kota Bogor empat orang, dan Kabupaten Indramayu tiga orang.

Baca juga: Ridwan Kamil koordinasi dengan pusat terkait warga Jabar di Wamena

 Sebanyak 69 warga tersebut akan ditemani pendamping dari Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jabar (empat orang), Jabar Quick Response (dua orang), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jabar (dua orang), Forum Paguyuban Sunda Ngumbara (dua orang), dan Daarut Tauhid Peduli (satu orang).

Menurut laporan Dinsos dan JQR di Papua sebagai tim pendahulu Pemprov Jabar, pemulangan warga Jabar yang semula dilakukan pada hari Selasa (8/10) ditunda 1 hari menjadi Rabu (9/10) karena kendala teknis di bandara sehingga semua penerbangan ke Jakarta, termasuk bagi rombongan Jabar, menjadi terganggu.

Dalam laporan teraktual kepada Pemprov Jabar, kata Dodo, 69 warga Jabar beserta pendamping tersebut akan terbang dari Bandara Sentani pukul 07.20 WIT dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pukul 10.30 WIB dengan penerbangan GA0657.

"Kedatangan rombongan, khususnya warga Jabar yang memilih pulang dari Papua itu, akan disambut langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jabar dan pejabat dinas/lembaga terkait," katanya.

Dari bandara, mereka bakal menuju Bandung menggunakan bus yang disediakan Pemprov Jabar.

Baca juga: Gubernur ajak warga Papua di Jabar senantiasa kompak-bersatu

Setelah itu, akan dilakukan seremoni penyerahan warga oleh Gubernur Jawa Bara M. Ridwan Kamil kepada dinsos kabupaten/kota di Gedung Pakuan pada hari Rabu (9/10) pukul 19.30 WIB.

Selanjutnya, mereka diantarkan menuju kabupaten/kota masing-masing dan bisa berkumpul kembali dengan keluarganya.

Adapun biaya tiket penerbangan untuk pemulangan 69 warga Jabar dari Papua ini diberikan melalui donasi dari Baznas Provinsi Jabar (untuk 54 warga) dan Daarut Tauhid Peduli (untuk 15 warga).

Dodo menjelaskan bahwa warga Jabar tersebut dalam kondisi sehat dan telah mendapat pemeriksaan kesehatan dari Baznas Papua.

"Mereka sangat senang karena harapan untuk pulang bisa dikabulkan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil melalui dinas dan pihak terkait," katanya.

Ia melanjutkan, "Nanti juga akan ada berita acara penyerahan warga kepada kabupaten/kota masing-masing. Yang pasti, mereka (warga Jabar) berterima kasih karena pemerintah cepat tanggap dalam merespons warga di Papua."

Baca juga: Kapolda siap beri perlindungan warga Papua yang berada di Jawa Barat

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019