counter

Piala Dunia Rugby

Afsel amankan tiket perempat final setelah hancurkan Kanada

Afsel amankan tiket perempat final setelah hancurkan Kanada

Para pemain Afrika Selatan merayakan kemenangan atas Kanada dalam pertandingan Pool B Piala Dunia Rugby 2019 yang berlangsung di Stadion Kobe Misaki, Kobe, Jepang, Selasa (8/10/2019) malam WIB. (ANTARA/AFP/FILIPPO MONTEFORTE)

Jakarta (ANTARA) - Afrika Selatan (Afsel) mengamankan tiket perempat final Piala Dunia Rugby, setelah mencatatkan kemenangan meyakinkan 66-7 atas Kanada dalam pertandingan Pool B yang dimainkan di Stadion Kobe Misaki, Selasa malam WIB.

Dalam pertandingan tersebut, pemain Afsel Cobus Reinach mencetak hattrick tercepat di ajang itu, demikian dilansir laman resmi turnamen. Reinach mengukir tiga try dalam rentang waktu 11 menit.

Hasil ini membuat Afsel memuncaki klasemen Pool B dengan 15 poin serta tiga break point, sedangkan Kanada masih menghuni dasar klasemen dengan nol poin.

Kemenangan Afsel juga terbantu oleh kartu merah yang diterima pemain Kanada Josh Larsen.

Baca juga: Inggris menjadi tim pertama yang melaju ke perempat final

"Terdapat masa-masa mengerikan di laga ini, namun saya tidak dapat mengeluhkan sepuluh try. Tentu saja, kartu merah yang mereka dapatkan sedikit mempermudah kami. Maka secara keseluruhan, ini tidak buruk," kata pelatih The Springbok Rassie Erasmus seperti dikutip AFP.

Pertandingan baru berusia tiga menit saat Afsel mengukir try pertama mereka melalui Damian de Allende. Elton Jantjies kemudian mengukir konversi pertama dari delapan konversi yang berhasil ia dapatkan.

Afsel menambah poin dari kesuksesan pemain flanker Kwagga Smith yang mengirim bola kepada pemain wing S'busiso Nkosi di sudut lapangan untuk menjadi try kedua mereka.

Kemudian Reinach mengukir hattricknya, yang terjadi antara menit kesepuluh sampai menit ke-21.

Baca juga: Afsel tundukkan Italia 49-3 berkat penampilan gemilang Kolbe

Baca juga: Prancis amankan langkah ke perempat final


Semua itu diawali oleh upaya solo pemain scrum half tersebut, yang mencungkil bola melewati pemain bertahan terakhir dan menerima kembali bola sebelum melaju ke garis belakang Kanada.

RG Snyman dan Franco Mostert kemudian bekerja sama untuk mengirimkan bola kepada Reinach, yang memaksimalkan tackle lemah lawannya, untuk mencetak try kedua.

Saat Kanada semakin lengah, Reinach membukukan try ketiganya. Sepakan menyilang Jantjies dapat diterima Warick Gelant, pemain sayap itu kemudian meneruskan bola kepada de Allende, yang berbalik untuk mengirimkannya kepada Reinach yang berlari cepat.

Gelant sendiri turut menyumbang try ke sudut lapangan setelah mendapat operan dari Jantjies.

Penderitaan Kanada bertambah ketika wasit memberikan kartu merah kepada Larsen karena pelanggaran yang dilakukannya terhadap pemain Afsel Thomas du Toit.

Menjelang turun minum, Frans Steyn memperbesar keunggulan Afsel melalui trynya. Itu merupakan try pertama yang diukir Steyn dalam rentang waktu tujuh tahun.

Kanada akhirnya mampu mencetak satu try pada menit ke-46, yang diawali dari situasi line out yang dimenangi Tyler Ardron, bola kemudian diberikan kepada Jeff Hassler. Matt Heaton berikutnya membuka jalan untuk mencetak try, dan Peter Nelson sukses melakukan konversi.

Namun, itu hanya menjadi hiburan sesaat bagi Kanada. Pada sisa waktu yang ada, The Springbok masih mengukir poin melalui tiga try dari Schalk Brits, Damian Willemse, dan Frans Malherbe.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ratusan pencari suaka di Pekanbaru lakukan aksi damai

Komentar