SEA Games 2019

Kontingen Indonesia akan ikuti 45 cabang olahraga di SEA Games 2019

Kontingen Indonesia akan ikuti 45 cabang olahraga di SEA Games 2019

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir memberikan sambutan saat upacara pengukuhan dan pelepasan kontingen World Beach Games 1 2019 di Wisma Kemenpora, Jakarta, Selasa (8/10/2019). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir mengatakan Kontingen Indonesia akan mengikuti 45 cabang olahraga dengan kekuatan atlet mencapai 670 orang pada ajang olahraga multieven SEA Games 2019 pada 30 November hingga 11 Desember mendatang di Filipina.

"Cabang cabang olahraga yang jadi (diikuti) ada 45 dengan 670-an atlet," kata Erick usai upacara pengukuhan dan pelepasan kontingen World Beach Games 1 2019 di Wisma Kemenpora, Jakarta, Selasa.

Namun, jumlah cabang olahraga maupun atlet yang sudah ditetapkan itu, menurut Erick, masih mungkin berubah karena hingga kini laporan dari tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) belum tuntas serta masih ada penyelarasan kebutuhan cabang olahraga.

"Masih ada pergerakan tambahan dan pengurangan, karena memang kita membuka tambahan, tapi yang penting maksimal budget dari pemerintah sebesar Rp47 miliar-an tidak akan bertambah," ujarnya.

SEA Games 2019 di Filipina akan mempertandingkan 52 cabang olahraga. Namun hingga pendaftaran ditutup pada Senin (7/10) kemarin, Indonesia hanya mendaftarkan 45 cabang olahraga karena keterbatasan anggaran pemerintah untuk membiayai seluruh kebutuhan kontingen.

Baca juga: Kontingen Indonesia untuk SEA Games telah diputuskan

Terkait hal itu, Erick menyatakan bahwa tidak menutup kemungkinan jika ada atlet mandiri yang bisa mendaftarkan diri ke SEA Games dan membiayai kebutuhannya selama pesta olahraga Asia Tenggara itu berlangsung.

"Karena memang kita membuka tambahan kalau ada atlet mandiri, yang dibiayai sendiri. Hal ini tidak aneh, dan sudah berjalan di SEA Games Singapura (2015), ketika cabang olahraga basket putri mengirim timnya sendiri. Ini keterbatasan harus disiasati, bukan soal salah atau benar," ucapnya.

Halaman berikut: Daftar cabang olahraga

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kolaborasi senior-junior, Minions tak ikut SEA Games

Komentar