SEA Games 2019

Kontingen Indonesia incar 45 emas di SEA Games 2019

Kontingen Indonesia incar 45 emas di SEA Games 2019

Ilustrasi- Presiden Joko Widodo saat melepas Kontingen Indonesia SEA Games XXIX Malaysia di Jakarta. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/wdy/2017)

Jakarta (ANTARA) - Kontingen Indonesia mengincar 45 medali emas pada ajang olahraga multieven SEA Games 2019 di Filipina yang dilangsungkan pada 30 November hingga 11 Desember mendatang.

Pada SEA Games tahun ini, kontingen Indonesia yang diperkuat 673 atlet itu siap bertanding pada 45 cabang olahraga yang diikuti.

"Yang pasti SEA Games 2019 ada kesepakatan (memperoleh) 45 medali emas. SEA Games di Malaysia dua tahun lalu kita meraih 38 medali emas," ujar Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir usai upacara pengukuhan dan pelepasan kontingen World Beach Games 1 2019 di Wisma Kemenpora, Jakarta, Selasa.

Baca juga: Kontingen Indonesia akan ikuti 45 cabang olahraga di SEA Games 2019

Baca juga: Malaysia berpartisipasi di 51 cabang olahraga


Dengan 45 emas, kontingen Indonesia berharap setidaknya bisa menempati posisi keempat klasemen perolehan medali. Tuan rumah Filipina, Malaysia, dan Thailand jelas bakal menjadi pesaing berat. Namun Erick tetap optimistis bisa bersaing pada SEA Games 2019.

Sementara itu, Plt Deputi IV Kemenpora Yuni Purwanti menyatakan bahwa pemerintah sangat berharap atlet-atlet senior maupun junior dapat bersaing untuk memperebutkan emas, terutama pada cabang-cabang olahraga olimpiade.

Dari cabang olimpiade yang diikuti,  ada tiga cabang olahraga, yakni atletik, akuatik, dan bulu tangkis bakal menjadi tumpuan untuk mendulang emas dalam pesta olahraga Asia Tenggara tersebut.

Baca juga: Indonesia ajukan nomor andalan di SEA Games 2019

"Yang paling besar tetap dari cabang olahraga olimpiade. Atletik empat emas, renang lima emas, dan bulu tangkis tiga emas," ucap Yuni.
 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar