counter

Satgas TMMD sosialisasikan bahaya Karhutla di daerah perbatasan

Satgas TMMD sosialisasikan bahaya Karhutla di daerah perbatasan

Relawan PMI Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan saat berjibaku memadamkan karhutla di wilayah perbatasan. (Foto: PMI Kabupaten Banjar)

Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Satgas TNI manunggal membangun desa (TMMD) melakukan sosialisasi terkait bahaya kebakaran hutan dan lahan di lokasi TMMD di Desa Menua Sadap, wilayah perbatasan Indonesia - Malaysia, di Kecamatan  Embaloh wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.
 
" Kami sampaikan ke masyarakat bahaya Karhutla yang dapat mengakibatkan kabut asap dan berdampak buruk bagi kesehatan dan kehidupan sosial lainnya," kata Dandim 1206 Putussibau, melalui Pasiter Kodim 1206 Putussibau, Kapten Inf Siswandi, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa.
 
Dikatakan Siswandi, Karhutla menjadi perhatian serius bahkan selain tertuang dalam undang - undang juga menjadi instruksi langsung dari Presiden Republik Indonesia, karena akibat kabut asap selain menganggu kesehatan juga merusak pertumbuhan ekonomi dan transportasi.

Baca juga: Tagana imbau masyarakat waspadai bahaya kabut asap
 
Menurut dia, dampak kabut asap beberapa bulan lalu sudah kita rasakan bersama, penerbangan terganggu dan sekolah juga di liburkan.
 
"Harapan kita bersama agar masyarakat tidak lagi membakar hutan atau pun lahan untuk bercocok tanam mau pun dalam berkebun," ucap Siswandi.
 
Selain itu, Siswandi juga mengharapkan dengan kehadiran program TMMD reguler ke - 106 tersebut, masyarakat di Desa Menua Sadap semakin berkembang dan menjadi desa yang maju serta sejahtera.
 
" Mudah - mudahan tidak lagi terjadi Karhutla di daerah kita, kebetulan saat ini masuk musim penghujan," kata Siswandi.

Baca juga: Polisi segel dua perusahaan sawit di Kapuas Hulu
Baca juga: BPBD perkirakan asap di Kapuas Hulu kiriman dari wilayah lain
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar