Riyadh, Arab Saudi (ANTARA) - Arab Saudi untuk pertama kalinya bakal menggelar turnamen tenis internasional yang merupakan turnamen eksibisi putra, kata pejabat puncak olah raga negeri ini seperti dikutip AFP, Selasa waktu setempat.

Juara Grand Slam tiga kali dari Swiss, Stanislas Wawrinka, dan bintang baru Daniil Medvedev adalah dua nama besar yang sudah menyatakan siap tampil pada turnamen lapangan keras diikuti delapan pemain yang diadakan pada 12-14 Desember tersebut.

"Menuanrumahi tenis internasional kelas dunia di Arab Saudi untuk pertama kalinya adalah momen balik baru untuk Kerajaan ini," kata Pangeran Abdulaziz Bin Turki Al Faisal Al Saud, ketua Otoritas Olah Raga Arab Saudi.

Baca juga: Andrey Rublev kalahkan Borna Coric di Shanghai Masters

Turnamen berhadiah total 3 juta dolar AS itu diadakan di Diriyah di pinggiran Riyadh yang menjadi tempat diselenggarakannya pertarungan ulang tinju kelas berat dunia antara Anthony Joshua dan Andy Ruiz Jr pada 7 Desember.

Penguasa Saudi menggunakan olah raga untuk melembutkan citra internasionalnya dan menciptakan ajang untuk reformasi di dalam negara kaya minyak tersebut.

Pada Februari mereka menjadi tuan rumah turnamen golf European Tour pertama dan tahun depan akan menggelar Reli Dakar.

Semua itu ditempuh setelah Saudi menghadapi kemunduran diplomatik besar akibat pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi di dalam konsulat Saudi di Istanbul pada Oktober tahun lalu.

Baca juga: Andy Murray kembali ke Grand Slam di Australia Open

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019