Perjalanan ambisius Avengers K-pop SuperM masuk industri musik AS

Perjalanan ambisius Avengers K-pop SuperM masuk industri musik AS

SuperM (SM Entertainment)

Jakarta (ANTARA) - Setelah debut di Hollywood pekan lalu, grup K-pop SuperM memulai perjalanan untuk masuk ke industri musik Amerika Serikat dengan ambisi mengukirkan nama di sana.

Grup beranggotakan tujuh orang yang dijuluki "Avengers K-pop" itu tampil di panggung Capitol Records Tower, Hollywood, Sabtu petang, memperkenalkan album perdana mereka berjudul "SuperM".

Dilansir Yonhap, mereka tampil membawakan koreografi bertenaga sembari menyanyikan lagu-lagu dalam album, yakni "Jopping" juga "I Can't Stand The Rain" dan "Super Car."

Dengan langkah pertama yang sangat dinanti di dunia musik AS, SM dan Capitol Music Group (CMG) menjalankan salah satu proyek K-pop kolaborasi label musik Korea Selatan dan AS terbesar hingga saat ini.

Setelah pertama kali berkolaborasi dengan SM untuk promosi NCT 127 di Amerika Serikat pada awal tahun ini, CMG lebih dulu datang ke SM untuk mengusulkan kerja sama menciptakan band K-pop yang sukses di pasar AS.

Daripada menghabiskan waktu lama untuk membuat grup baru, bos SM Lee Soo-man memilih menyatukan anggota dari grup-grup yang sudah tenar lewat label tersebut, yang akan mewakili keunikan musik dan pertunjukan SM, mereka dikenal sebagai SMP.

Baca juga: "Jopping", video debut SuperM yang dibuat di Dubai

Bersama SMP, SM telah memimpin dunia K-pop, memproduksi musisi papan atas mulai dari grup idola K-pop generasi pertama H.O.T hingga yang masih digila-gilai seperti EXO, NCT 127 atau Girls' Generation.

"Avengers K-pop" itu berisi tujuh anggota dari grup-grup SM yang tenar, ada Taemin dari SHINee dan Baekhyun dan Kai dari EXO, Taeyong dan Mark dari NCT 127, serta Ten dan Lucas dari WayV, sebuah grup yang berbasis di China.

Kerja sama antara CMG memberikan SM rantai pasokan musik global yang kuat untuk proyek ambisius menarik pendengar musik arus utama (mainstream) di AS.

Proyek tersebut dibuat menyusul pencapaian dari rival-rival label SM Entertainment, seperti YG Entertainment atau Big Hit Entertainment yang menaungi BTS, dan kepopuleran SuperM akan membantu SM kembali mendominasi K-pop.

"SuperM akan menghadirkan musik yang berbeda (di AS), dan tarian, vokal, dan rap yang luar biasa dari setiap anggota SuperM akan menampilkan nilai-nilai inti K-pop dalam hal pertunjukan, fesyen, dan visual," kata Lee dalam acara debut SuperM.

Debut terbaru AS oleh SuperM akan diikuti oleh serangkaian acara promosi yang padat di AS.

Pada 9 Oktober, grup itu akan jadi bintang tamu di CBS "The Ellen Show" dan melanjutkan tur konser Amerika Utara pertamanya, "We Are The Future Live," pada November.

Dimulai pada 11 November di Texas, tur akan membawa SuperM ke banyak kota besar di Amerika Utara, termasuk Chicago, New York, Los Angeles, Seattle dan Vancouver.

Baca juga: SuperM bersiap guncang Hollywood, ini kata Taemin dan Baekhyun
 

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Lebih mengenal K-Pop di “Team Korea House”

Komentar