counter

Pemukim Yahudi bakar lahan zaitun di Selatan Nablus

Pemukim Yahudi bakar lahan zaitun di Selatan Nablus

Bangunan milik warga Palestina dibom oleh pasukan Israel di desa Sur Baher yang berada di antara Yerusalem Timur dan Tepi Barat, Palestina, Senin (22/7/2019) waktu setempat. Militer Israel sering mengubah jalan dan lahan yang disitanya di wilayah pendudukan Palestina dengan dalih untuk digunakan buat tujuan militer dan pemukim Yahudi. ANTARA/REUTERS/Ammar Awad/aa

Nablus, Palestina (ANTARA) - Pemukim Yahudi membakar puluhan pohon zaitun milik warga selatan Nablus, di bagian utara Tepi Barat Sungai Jordan --yang diduduki Israel, kata seorang pegiat lokal.

Baca juga: Pemukim Yahudi bakar ratusan pohon zaitun di Tepi Barat

Ghassan Daghlas, yang memantau kegiatan pembangunan permukiman di bagian utara Tepi Barat, mengatakan pemukim Yahudi membakar lahan zaitun yang berada di antara Kota Kecil Burin dan Huwwara. Mereka membakar sedikitnya 70 pohon.

Musim panen zaitun, yang baru saja mulai, adalah salah satu yang paling penting buat ribuan rumah tangga Palestina di wilayah yang diduduki yang penghasilan mereka sangat tergantung atas keberhasilan musim panen ini.

Baca juga: Pemukim Yahudi tanam pohon zaitun di tanah milik orang Palestina

Pasukan Israel pada Selasa (8/10) juga menghalangi petani Palestina memanen pohon zaitun mereka di Desa Kufr Qaddoum, di sebelah timur Kota Qalqilya di Tepi Barat, kata beberapa petani.

Akef Juma, seorang petani, mengatakan kepada Kantor Berita Paletina, WAFA --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu, tentara Israel memaksa dia dan petani lain keluar dari lahan mereka, yang berada di dekat permukiman tidak sah Yahudi di Kedumim, dengan dalih daerah itu berada di dekat zona militer.

Baca juga: Pemukim Yahudi cabuti pohon zaitun milik petani Palestina

Sumber: WAFA

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar