PM Modi jamu Presiden Xi Jinping pada KTT 11-12 Oktober

PM Modi jamu Presiden Xi Jinping pada KTT 11-12 Oktober

Dua pemimpian Asia Pasifik; Presiden Cina Xi Jinping dan Perdana Menteri India Narendra Modi. (REUTERS/Damir Sagolj)

New Delhi (ANTARA) - Perdana Menteri India Narendra Modi akan menjamu Presiden China Xi Jinping di KTT informal pekan ini, menurut Kementerian Luar Negeri India, Rabu, di tengah memburuknya hubungan kedua negara atas wilayah Kashmir bersengketa.

Kedua pemimpin menggelar pembicaraan di Kota Wuhan, China tahun lalu untuk membantu menstabilkan hubungan setelah terjadi perselisihan di perbatasan mereka yang dipersengketakan dan pertemuan di Kota Chennai, India selatan pada 11 hingga 12 Oktober dimaksudkan untuk merajut kembali hubungan tersebut.

Namun keputusan New Delhi pada Agustus untuk mencabut status khusus Kashmir menuai kecaman keras dari Pakistan dan sekutunya China, yang membawa masalah itu ke Dewan Keamanan PBB.

"KTT Informal Chennai mendatang akan menyuguhkan kesempatan kepada kedua pemimpin untuk melanjutkan bahasan mereka tentang isu-isu penting bilateral, regional serta global dan bertukar pandangan dalam mempererat Kemitraan Pembangunan Dekat antara India-China," kata Kementerian Luar Negeri dalam satu pernyataan.

Sumber: Reuters

Baca juga: India bantah Modi minta Trump jadi mediator soal Kashmir
​​​​​​​

 

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Indonesia ajak India tingkatkan kerja sama ekonomi dan maritim

Komentar