Mabes TNI siap fasilitasi pemulangan pengungsi ke Wamena dan Ilaga

Mabes TNI siap fasilitasi pemulangan pengungsi ke Wamena dan Ilaga

Menkopolhukam Wiranto didampingi Panglima saat bertemu dengan Panglima TNI Marsekal TNI HadiTjahyanto saat bersama pengungsi yang akan kembali ke Wamena, Rabu (9/10). ANTARA/Evarukdijati/pri.

aktivitas masyarakat mulai kembali berlangsung, bahkan sekolah-sekolah sejak Senin (7/10) sudah dibuka kembali
Jayapura (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan Mabes TNI siap memfasilitasi pemulangan pengungsi ke Wamena dan Ilaga dengan mengerahkan berbagai fasilitas yang dimiliki.

“Saat ini sudah ada warga yang kembali ke Wamena dan kami fasilitasi mengingat situasi keamanan di wilayah itu makin kondusif,” kata dia sesaat sebelum mendampingi Menkopolhukam, Kapolri, dan Kepala Badan Siber Nasional berkunjung ke Timika, Rabu.

Dia mengatakan untuk mengangkut pengungsi yang ingin kembali ke Wamena, Mabes TNI mengerahkan pesawat hercules, sedangkan bagi pengungsi yang ingin kembali ke Ilaga akan diangkut dengan menggunakan helikopter.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan saat ini situasi keamanan di Wamena sudah kondusif sehingga para pengungsi diharapkan mau kembali dan menempati rumahnya.

Baca juga: Menkopolhukam minta paguyuban ajak pengungsi kembali ke Wamena

Bila rumah mereka mengalami kerusakan akibat kerusuhan beberapa waktu lalu, kata dia, pemerintah daerah dan provinsi setempat akan membantu pembangunan pemukiman sementara.

"Yang pasti situasi keamanan saat ini sudah kondusif dan aktivitas masyarakat mulai kembali berlangsung, bahkan sekolah-sekolah sejak Senin (7/10) sudah dibuka kembali," kata dia.

Tercatat, 86 pengungsi pada Rabu diterbangkan ke Wamena dengan menggunakan pesawat hercules TNI AU.

Sekitar 15 ribu warga mengungsi dari Wamena setelah aksi demo yang anarkis hingga menewaskan 33 orang serta melukai 76 orang, dan menyebabkan sekitar 1.000 rumah, ruko milik warga, bangunan pemerintah serta kendaraan dibakar dan dirusak.

Baca juga: Seorang pengungsi Wamena asal Tulungagung pulang secara mandiri
Baca juga: Wiranto: Pasukan keamanan di Wamena dan Ilaga akan ditambah


 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

PUPR targetkan pembangunan pasca rusuh Wamena selesai April 2020

Komentar