Jakarta (ANTARA) - Nissan Motor mengumumkan telah menunjuk Wakil Presiden Senior dan Presiden Dongfeng Motor, Makoto Uchida sebagai CEO baru Nissan menggantikan Carlos Ghosn.

Selain itu, mereka juga menunjuk Chief Operating Officer Mitsubishi Motors Corporation, Ashwani Gupta saat ini sebagai pejabat eksekutif perwakilan dan chief operating officer Nissan.

Wakil Presiden Senior Nissan Jun Seki telah ditunjuk untuk posisi wakil kepala operasi, dan melapor ke Gupta.

Pengangkatan tersebut dimaksudkan berlaku selambat-lambatnya 1 Januari 2020, kata Nissan Motor dalam pernyataan resminya, Rabu.

"Kami mengharapkan Uchida untuk memimpin perusahaan sebagai satu tim, segera fokus pada pemulihan bisnis dan merevitalisasi perusahaan. Kami berharap Gupta dan Seki memanfaatkan sepenuhnya keahlian dan pengalaman mereka untuk mendukung CEO baru," kata Ketua Dewan Direksi Yasushi Kimura.

Makoto Uchida (53), telah bekerja di perusahaan itu sejak 2003 dan ditunjuk untuk memimpin operasinya di China tahun lalu. China dianggap sebagai pasar utama bagi Nissan.

Baca juga: Nissan IMk, mobil listrik perkotaan tawarkan kabin senyaman kamar

Baca juga: All New Nissan Juke 2020 hadir di pasar Eropa


Dalam waktu kurang dari setahun sejak Carlos Ghosn digulingkan sebagai ketua atas tuduhan pelanggaran keuangan, laba Nissan telah jatuh, penjualannya turun dan kepemimpinannya telah terkikis, tulis New York Time.

Bulan lalu, kepala eksekutifnya, Hiroto Saikawa, mengundurkan diri karena masalah gaji. Kekacauan telah menyebabkan eksodus karyawan puncak, dan perusahaan ini memangkas 12.500 pekerja di seluruh dunia.

Nissan adalah bagian dari aliansi global dengan perusahaan Prancis Renault dan Mitsubishi Motors Jepang, tetapi Nissan dan Renault telah berulang kali berselisih soal masalah manajemen.

"Uchida dipilih karena pengalamannya di luar negeri, serta pemahamannya tentang pentingnya aliansi dengan Renault dan Mitsubishi," kata kepala komite nominasi dewan, Masakazu Toyoda, kepada wartawan.

Baca juga: SUV Nissan Patrol 2020 diperbarui

Baca juga: Tampilan awal Nissan Titan 2020 muncul sebelum debut

Baca juga: CEO Nissan Hiroto Saikawa mundur pekan depan, siapa penggantinya?


 
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019