Jakarta (ANTARA) - Pertandingan Pool C Piala Dunia Rugby antara Inggris melawan Prancis pada Sabtu kemungkinan akan dibatalkan karena topan Hagibis.

Panitia penyelenggara diharapkan akan memberikan konfirmasi resmi mengenai pembatalan ini pada Kamis pukul 10.00 WIB, demikian dilansir dari BBC.

Topan Hagibis sedang mendekati Jepang, dan diperkirakan akan tiba pada Sabtu.

Pertandingan Inggris melawan Prancis diagendakan dimainkan di Yokohama. Sampai saat ini belum ada pengumuman resmi mengenai pertandingan Pool A antara Skotlandia melawan Jepang, yang direncanakan dimainkan di stadion yang sama pada Minggu.

Jika pertandingan Skotlandia kontra Jepang dibatalkan, mengacu pada peraturan turnamen, Skotlandia akan tersingkir dari Piala Dunia Rugby.

Menurut peraturan tersebut, pertandingan-pertandingan yang dibatalkan dinyatakan berakhir imbang, di mana kedua tim sama-sama mendapatkan dua poin.

Inggris dan Prancis telah memastikan lolos ke perempat final, dan pertandingan mereka hanya untuk menentukan tim mana yang memuncaki klasemen Pool C.

Baca juga: Inggris menjadi tim pertama yang melaju ke perempat final

Baca juga: Prancis amankan langkah ke perempat final

Pembatalan tersebut akan membuat Inggris, yang unggul dua poin atas Prancis, akan melaju sebagai juara grup dan berpeluang berhadapan dengan Australia di perempat final. Wales diperkirakan akan memuncaki klasemen Pool D, sehingga mereka akan bertemu Prancis.

Skotlandia berada di peringkat ketiga klasemen Pool A, yang dipimpin oleh Jepang dengan 14 poin. Mereka harus dapat mengalahkan tuan rumah turnamen untuk memelihara peluang melaju ke fase gugur, dengan mengandalkan pada bonus point.

Jika tim peringkat kedua Irlandia mengalahkan Samoa di Fukuoka pada Sabtu, tambahan dua poin akan membuat Skotlandia menyelesaikan fase pool dengan menghuni peringkat ketiga dan tersingkir.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019