counter

Kardigan hijau Kurt Cobain akan dilelang

Kardigan hijau Kurt Cobain akan dilelang

Mendiang pentolan grup Nirvana Kurt Cobain. (Reuters)

Jakarta (ANTARA) - Kardigan hijau ikonis yang dikenakan Kurt Cobain saat tampil dalam MTV Unplugged akan kembali dilelang untuk kedua kalinya dalam empat tahun, demikian dilansir NME, Kamis.

Pertunjukan musik akustik trio beraliran grunge di MTV itu direkam secara langsung pada November 1993, lima bulan sebelum kematian Cobain pada usia 27 tahun.

Kardigan, yang dilaporkan tidak pernah dicuci, terakhir dijual dalam pelelangan pada November 2015 seharga 93.000 Euro (sekitar Rp1.4 miliar).

Pemiliknya saat ini, seorang pengusaha yang tidak mau disebutkan namanya, akan melelang setelah merawat pakaian itu dalam brankas selama empat tahun terakhir.

Baca juga: Putri Kurt Cobain luncurkan lini busana "Kurt Was Here"

Berbicara kepada Rolling Stone, juru lelang Julien Auction, Darren Julien, mengatakan kardigan Cobain tidak dicuci. “Noda masih ada di sana. Bahkan ada rokok yang bisa Anda lihat di sweter," ujarnya.

Julien akan mengawasi pelelangan kardigan yang akan dilakukan pada 25 Oktober, dengan tawaran diperkirakan mencapai 245.000 Euro (Rp3.8 miliar). Julien menambahkan memorabilia rock baru-baru ini menjadi bukan hanya pasar kolektor, melainkan juga pasar investor.

"Orang yang beli pada 2015 membelinya sebagai investasi. Sekarang, karena kami telah mendapatkan rekor harga untuk Kurt Cobain, orang-orang mulai menjualnya. Kami mengantisipasi bahwa itu akan dijual lebih dari dua kali lipat," kata dia.

Baca juga: Piring kertas kotor bekas Kurt Cobain terjual Rp320 juta

Penerjemah: Yogi Rachman
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar