Washington (ANTARA) - Para perunding utama Amerika Serikat dan China pada Kamis (10/10) mengakhiri pertemuan hari pertama mereka dalam lebih dari dua bulan.

Kalangan pebisnis mengungkapkan optimisme bahwa perundingan Kamis itu bisa membuat kedua negara bisa meredakan perang dagang, yang telah berlangsung 15 bulan serta menunda peningkatan tarif AS, yang dijadwalkan mulai berlaku pekan depan.

Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin dan Perwakilan Dagang AS (USTR) Robert Lighthizer melakukan pembicaraan dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He dan sejumlah pejabat tinggi China lainnya selama sekitar tujuh jam di kantor USTR di dekat Gedung Putih.

"Perundingan kami dengan China berjalan dengan sangat baik," kata Presiden AS Donald Trump kepada para wartawan setelah pertemuan itu selesai.

Trump menekankan rencananya bertemu dengan Liu di Gedung Putih, sikap yang dianggap pertanda baik.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan perundingan berjalan dengan sangat baik, "mungkin lebih baik dibandingkan dengan yang diperkirakan."

Liu, sambil tersenyum, melambaikan tangan ke arah para wartawan sebelum meninggalkan USTR dengan mobil Cadillac hitam tanpa menjawab pertanyaan.

Kedua pihak dijadwalkan kembali bertemu pada hari terakhir, Jumat.

Menurut keterangan singkat yang diberikan seorang pejabat Kamar Dagang AS, para perunding dapat menyepakati perjanjian-perjanjian menyangkut penurunan atau penghapusan bea masuk tingkat rendah pada berbagai isu, seperti mata uang dan perlindungan hak cipta.

Sumber: Reuters

Baca juga: Perundingan dagang AS-China dilanjutkan di tengah suasana hambar
Baca juga: Wakil PM China akan ke AS bicarakan perdagangan
Baca juga: Ketua IMF: Perang perdagangan pangkas PDB global 700 miliar dolar AS

Penerjemah: Tia Mutiasari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019