Prancis: Brexit akan tanpa kesepakatan jika Inggris tak berkompromi

Prancis: Brexit akan tanpa kesepakatan jika Inggris tak berkompromi

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson (kanan) berjabatan tangan dengan Ketua Parlemen Eropa David Sassoli di Downing Street di London, Inggris, pada Selasa (8/10/2019). (ANTARA/Aaron Chown/Pool via REUTERS/tm)

Prancis (ANTARA) - Brexit (pemisahan Inggris dari Uni Eropa) tanpa kesepakatan kemungkinan terjadi jika Inggris tidak berusaha berkompromi, kata Menteri Prancis untuk Urusan Eropa Amelie de Montchalin, Jumat.

Ketika ditanya apakah semakin besar kemungkinan Inggris meninggalkan Uni Eropa tanpa adanya kesepakatan Brexit, de Montchalin di stasiun radio France Inter menjawab: "Sepertinya."

"Pada saat ini, jika pembicaraan tidak berjalan seperti yang kita harapkan, jika tidak ada niat, terutama dari pihak Inggris, untuk kompromi maka kemungkinan tidak ada kesepakatan," tambahnya.

De Montchalin menyebutkan kesepakatan masih mungkin tercapai dan pembicaraan antara ketua perunding Brexit untuk Uni Eropa, Michel Barnier, dan mitranya dari Inggris, Stephen Barclay, pada Jumat akan terus mengorek berbagai kemungkinan.

"Kami sedang mengupayakan sebuah kesepakatan. Kita tidak akan menyerah terhadap prinsip-prinsip yang telah kita persiapkan selama dua setengah tahun," katanya.

"Kita ingin perdamaian di Irlandia, kita ingin melindungi perusahaan kita dari persaingan yang tak loyal dan kita ingin masa depan hubungan kita  (dengan Inggris) seimbang," ucapnya.

Sumber: Reuters

Baca juga: Irlandia siapkan mental hadapi 'Brexit' yang tanpa kesepakatan

Baca juga: PM Inggris Boris Johnson hadapi pemberontakan kabinet soal Brexit


Baca juga: PM Inggris desak Presiden Prancis 'percepat' soal Brexit

 

Inggris Pastikan Brexit Tak Pengaruhi RI

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar