Sembilan perusahaan berminat berbagi sepeda di Jakarta

Sembilan perusahaan berminat berbagi sepeda di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama dengan para kepala SKPD, kepala badan dan kepala biro di lingkungan Pemprov DKI Jakarta melaksanakan kegiatan bersepeda dengan mengenakan batik sebagai kampanye hidup sehat setiap saat, Balai Kota Jakarta, beberapa waktu lalu. ANTARA/HO Humas Pemprov DKI Jakarta/am.

Ada programnya, sekarang sedang kami bahas, sudah ada sembilan perusahaan yang minat untuk masuk
Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyatakan sudah ada sembilan perusahaan berminat terlibat dalam Progam Jakarta Ramah Sepeda, khususnya dalam konsep berbagi sepeda (bike sharing). 

"Ada programnya, sekarang sedang kami bahas, sudah ada sembilan perusahaan yang minat untuk masuk. Sudah mengajukan nama, tinggal tunggu tanggal mainnya," kata kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Penempatan sepeda-sepeda dengan sistem bike sharing tersebut, kata Syafrin, diprioritaskan di tempat yang berpotensi memiliki permintaan tinggi selain di 63 kilometer jalur sepeda (dua arah).

Baca juga: Layanan pinjam sepeda tersedia di kawasan Monas

"Kami prioritaskan adalah di tempat-tempat yang demand-nya tinggi. Contohnya di stasiun, di halte bus way, itu biasanya kan di sana tinggi," ucap dia.

Saat ini, kata Syafrin, pihaknya sedang mempersiapkan regulasi agar para perusahaan yang tergabung dalam konsep bike sharing tersebut terfasilitasi dengan baik.

"Kemudian masyarakat dalam menerima layanannya juga sesuai dengan standar yang kita tetapkan nantinya," ucap Syafrin menambahkan.

Baca juga: Berkeliling Bandung dengan fasilitas "Bandung Bike Sharing"

Program Jakarta Ramah Sepeda, selain pendorongan lahan parkir sepeda di fasilitas umun, pihak Pemprov DKI Jakarta juga membangun 63 kilometer jalur sepeda (dua arah) yang terbagi menjadi tiga fase.

Untuk Fase pertama, mulai dari Jalan Pemuda, Jalan Pramuka, Tugu Proklamasi, Jalan Diponegoro, Imam Bonjol, masuk ke Merdeka Selatan, hingga MH Thamrin sepanjang 25 kilometer (dua arah).

Fase dua jalur sepeda, sepanjang 23 kilometer (dua arah) dari Jalan Fatmawati, Panglima Polim, Sisingamangaraja hingga Sudirman, yang akan diluncurkan pada 12 Oktober 2019.

Baca juga: Mencicipi layanan persewaan sepeda kiwari ala Shenzhen

Sementara fase tiga akan dibangun mulai dari Jalan Tomang Raya, Simpang Tomang kemudian belok kanan di Cideng, Cideng Jalan Kebon Sirih, Kebon Sirih dan masuk ke Jalan MH Thamrin sepanjang 15 kilometer (dua arah).

"Semuanya akan ketemu di Bundaran Hotel Indonesia," ujar Syafrin, Kamis (10/10).

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Grabwheels akan ditempatkan pada jalur sepeda

Komentar