Kali Maja mulai dimanfaatkan warga setelah hujan

Kali Maja mulai dimanfaatkan warga setelah hujan

Warga mencuci baju dengan aliran air Kali Maja Kalideres Jakarta, Jumat (11/10/2019). (ANTARA/DEVI NINDY)

Karena hujan beberapa hari lalu, air di sini jadi mengalir lagi dan warga pada bisa mencuci lagi
Jakarta (ANTARA) - Kali Maja Kalideres mulai dimanfaatkan warga kembali untuk mencuci baju setelah hujan mengguyur Jakarta dan sekitarnya beberapa hari lalu.

Warga Kampung Maja Kalideres, Jumat sore memanfaatkan aliran Kali Maja yang keruh untuk mencuci dan membilas pakaian. Sejumlah karung berisi pakaian berjejer di pinggir kali.

"Karena hujan beberapa hari lalu, air di sini jadi mengalir lagi dan warga pada bisa mencuci lagi di sini," ujar warga Kali Maja, Sri yang tengah mencuci pakaian.

Kendati air berwarna keruh dan banyak kotoran mengambang, menurut Sri, Kali Maja masih baik untuk mencuci pakaian dibandingkan air tanah di rumah mereka yang kondisinya payau.

Baca juga: Pengerukan kali di Jakarta Barat ditargetkan selesai akhir Oktober

"Yang ada baju bisa cepat rusak, mendingan di sini, nanti baru terakhir dibilas pakai air bersih yang beli sama orang lewat," ujarnya.

Sebelumnya, warga Kampung Maja Kelurahan Pegadungan Kalideres Jakarta Barat mengalami kekeringan dan mengalami krisis air bersih sebulan lebih, saat debit air Kali Maja perlahan mulai surut dan endapan lumpur mengering.

Hingga saat ini, belum ada jaringan instalasi air bersih oleh penyedia air bersih perpipaan PAM Jaya yang dipasang di wilayah tersebut sehingga  seluruh warga hanya memanfaatkan air tanah yang tersedia.

Baca juga: 15 tahun warga Pegadungan krisis air bersih, kata Ketua RW

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Warga Kalideres keberatan dengan pemindahan pencari suaka

Komentar