Puluhan siswa SMP hidup bersama masyarakat di Kampung Akuarium

Puluhan siswa SMP hidup bersama masyarakat di Kampung Akuarium

Salah seorang siswa SMP Notre Dame dalam program hidup bersama dengan masyarakat (live in kampung) di Kampung Akuarium, Keluarahan Penjaringan, Jakarta Utara, 9-11 Oktober 2019. (ANTARA/FAUZI LAMBOKA)

Apa yang dimakan orang tua asuh mereka di shelter, itu pula yang dimakan anak-anak sekolah kami
Jakarta (ANTARA) - Puluhan siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP) Notre Dame melaksanakan program hidup bersama dengan masyarakat (live in kampung) di Kampung Akuarium, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, 9-11 Oktober 2019.

“Sebanyak 89 siswa kelas dua didampingi 13 guru, tinggal bersama masyarakat di sini selama tiga hari dan dua malam,” kata motivator kegiatan, Yohanes Subiantoro di Kampung Akuarium, Jumat.

Yohanes menjelaskan tujuan yang ingin dicapai program tersebut agar para siswa dapat hidup bersama dengan keluarga di Kampung Akuarium dengan apa adanya, keluar dari zona nyaman mereka selama ini saat berada di rumah.

“Apa yang dilakukan keluarga atau orang tua asuh mereka, itu juga yang dilakukan para anak-anak,” ujarnya.

Baca juga: Kampung Akuarium diarahkan jadi kawasan wisata budaya sejarah

Program hidup bersama keluarga di kampung merupakan program rutinitas tahunan sekolah. Tetapi pemilihan Kampung Akuarium merupakan pertama kali dilakukan, karena selama ini program itu dilaksanakan di desa-desa.

Program tersebut sangat penting untuk para generasi muda khususnya anak-anak sekolah yang saat ini mereka sedang mencari jati diri. Para siswa diajarkan untuk dapat menjadi manusia yang rendah hati, suka bersyukur, bersosialisasi dan mampu memperhatikan orang-orang di sekitar.

“Apa yang dimakan orang tua asuh mereka di shelter, itu pula yang dimakan anak-anak sekolah kami,” kata Yohanes.

Baca juga: Warga Kampung Akuarium harapkan rumah permanen

Salah seorang peserta kegiatan, Clarisa menyatakan keseruan mengikuti program tersebut. Karena dia dan teman-teman lain diajarkan hidup sederhana dan tidak mengeluh.

“Senang, bisa belajar banyak hal di sini,” ujarnya.

Sejumlah kegiatan yang dilakukan anak-anak tersebut diantaranya mencari ikan di laut, mengolah dan membuat ikan asin hingga belajar cara membuat jala ikan
tradisional nelayan pesisir.

Para siswa juga mengunjungi Museum Bahari yang ada di sekitar Kampung Akuarium.

Baca juga: Menanti wajah baru Jakarta lewat Kampung Akuarium

Kampung Akuarium berada di RT 1 dan RT 12 di RW 004, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Kampung Akuarium dengan batas bagian utara Laut Pulau Jawa, bagian timur Pelabuhan Sunda Kelapa, bagian selatan Pasar Hexagon dan bagian barat kali Kampung Luar Batang, dengan luas wilayah 10.384 meter persegi.

Lokasi itu merupakan wilayah yang digusur pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada akhir 2016 dan saat ini direncanakan untuk dibangun kembali dengan konsep Kampung Susun Bahari Akuarium.

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kampung Akuarium nikmati masakan chef hotel bintang lima

Komentar