Australia, Fiji kirim misi penjaga perdamaian ke Timur Tengah

Australia, Fiji kirim misi penjaga perdamaian ke Timur Tengah

PBB (en.wikipedia.org)

Melbourne (ANTARA) - Australia dan Fiji akan mengirim misi penjaga perdamaian PBB gabungan ke wilayah konflik di Timur Tengah secepatnya pekan depan, kata Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

Baca juga: Penyumbang besar misi perdamaian, bekal besar RI jadi anggota DK PBB

"Mereka akan ditempatkan di sana pekan depan," kata Morrison, yang dikutip media Australia saat melakukan kunjungan kedua ke Fiji dan pertemuan resmi ketiganya dengan Perdana Menteri Fiji Frank Bainimarama tahun ini.

"Warga Australia kami akan berada di sana, melatih mereka dan mendukung mereka."

Kerjasama penempatan pasukan ke wilayah di area perbatasan antara Israel dan Suriah tidak terkait dengan "peristiwa saat ini di Suriah timur laut," kata Kementerian Pertahanan Australia dalam satu pernyataan.
​​​​​​​Baca juga: PM Fiji tuding PM Australia "menghina" negara-negara Pasifik
​​​​​​​

Presiden Amerika Serikat Donald Trump awal Oktober ini memerintahkan penarikan pasukan AS dari Suriah utara, membuka jalan bagi serangan Turki terhadap petempur Kurdi yang sudah lama bersekutu dengan Washington.

Dorongan diplomatik dan investasi Australia di Pasifik semakin spesifik saat China memperluas pengaruhnya di sebuah kawasan yang didominasi oleh AS dan sekutunya sejak Perang Dunia II.

"Kami hidup di satu dunia transisi di mana pergantian dinamika kekuasaan terjadi," kata Morrison menjelang kunjungannya ke markas militer Blackrock di Fiji pada Sabtu.

Sumber: Reuters
​​​​​​​Baca juga: DK PBB perpanjang misi pemelihara perdamaian di Lebanon

​​​​​​​

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Prabowo & Retno sepakati pertukaran informasi intelijen dengan Australia

Komentar