Senam

Nina Derwael, Max Whitlock sabet emas kejuaraan dunia senam

Nina Derwael, Max Whitlock sabet emas kejuaraan dunia senam

Pesenam Belgia Nina Derwael tampil pada final palang bertingkat putri dalam kejuaraan dunia senam 2019 di Hanns-Martin-Schleyer-Halle di Stuttgart, Jerman, 12 Oktober 2019. (AFP/THOMAS KIENZLE)

Stuttgart, Jerman (ANTARA) - Juara Olimpiade Max Whitlock dari Inggris dan Nina Derwael menjadi dua dari sekian pesenam yang merebut medali emas kejuaraan dunia senam di Stuttgart, Jerman, Sabtu waktu setempat, seperti dikutip AFP.

Whitlock mempersembahkan medali emas kepada Inggris setelah untuk ketiga kali dalam karir kejuaraan dunia senamnya mempertahankan gelar juara dunia kuda-kuda pelana putra.

Sedangkan Nina Derwael dari Belgia mempertahankan gelar juara dunia palang bertingkat putri ketika ratu senam Amerika Serikat Simone Biles hanya bisa menempati urutan kelima dalam nomor ini.

Baca juga: Simone Biles samai rekor medali senam terbanyak di dunia

Whitlock yang berusia 26 tahun mengimbuhkan gelar juara edisi 2015 dan 2017 dengan menyabet medali emas di Stuttgart lewat marjin poin hanya 0,067 poin dari peraih medali perak Lee Chih-Kai dari Taiwan.

Pesenam Irlandia Rhys McClenaghan, yang menjadi juara bertahan Eropa dan Persemakmuran, mendapatkan medali perunggu setelah tuntas cuma dalam selisih 0,1 poin di bawah Whitlock.

Nina Derwael juga merebut medali emas setelah finis dengan 0,233 poin di depan peraih medali perak Becky Downie dari Inggris, sedangkan rekan satu negara Biles, Sunisa Lee, meraih medali perunggu.

Biles sebelumnya berhasil menyamai rekor peraih medali kejuaraan dunia paling banyak di dunia dengan 23 medali setelah menjuarai meja lumpat putri, yang adalah medali emas ketiganya di Stuttgart dan ke-17 selama karirnya.

Baca juga: Biles sabet gelar juara dunia senam ke-15 kalinya

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar