Posisi jerawat bisa jelaskan kondisi tubuh

Posisi jerawat bisa jelaskan kondisi tubuh

ilustrasi (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Munculnya jerawat tidak hanya berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon dan pori-pori yang tersumbat, tetapi juga bisa mengungkapkan banyak tentang fungsi tubuh.

Jadi, benjolan berwarna merah muda itu dapat mengingatkan Anda tentang kesalahan yang terjadi di dalam tubuh Anda -- tergantung pada di mana ia muncul. Berikut paparannya seperti dilansir Indian Express:

Dahi

Jika Anda menemukan jerawat di dahi Anda, salahkan jaringan pencernaan Anda yang buruk. Selain mengurangi kafein dan minuman olahan, Anda perlu banyak air untuk mengeluarkan racun dari tubuh Anda.

Diet seimbang dan banyak tidur dapat membantu mengatasi hal ini. Selain itu, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

Pipi

Jerawat di pipi terkait dengan sistem pernapasan, bisa disebabkan karena polusi, sehingga Anda harus rajin membersihkan wajah. Pemurni udara bisa menjadi alternatif untuk menjaga kebersihan udara di rumah Anda.

Kadang-kadang, jerawat yang muncul di pipi bagian bawah terkait dengan kebersihan gigi yang buruk juga.

Baca juga: Minyak Kelapa aman untuk kulit dan bisa atasi jerawat?

Baca juga: Dua faktor pemicu timbulnya jerawat


Dagu

Jika Anda memiliki koloni jerawat di dagu, bisa menjadi cerminan dari kesehatan dan ketidakseimbangan hormon Anda. Karena itu, berkonsultasi ke dokter penting.

Sebaiknya dapatkan istirahat yang cukup, perhatikan makanan yang Anda konsumsi dan lihat apakah Anda bisa makan lebih sehat.

Zona-T

Ini area di antara alis Anda hingga ke hidung dan dagu. Jerawat yang muncul di sini sering menunjukkan ketidakseimbangan pencernaan atau alergi makanan. Beberapa ahli menyarankan untuk mengurangi produk susu, junk food dan daging merah lalu menggantinya dengan sayuran berdaun hijau.

Punggung, paha, lengan

Jerawat di punggung, lengan dan paha sering disebabkan karena fluktuasi hormon dan atau genetika. Selain itu, keringat juga dapat menyebabkan jerawat ini.

Para ahli menyarankan agar mereka yang rentan terhadap hal ini mengenakan pakaian yang tidak terlalu ketat. Juga, cari gel mandi atau sabun dan lotion tubuh yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Baca juga: "Microneedle", cara efektif mengatasi bekas jerawat menurut dokter

Baca juga: Kulit berjerawat sebaiknya jangan di-"filler"

Baca juga: Tips bersolek saat wajah berjerawat

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar