Liga 1 Indonesia

PSM Makassar penuhi kualifikasi klub profesional AFC

PSM Makassar penuhi kualifikasi klub profesional AFC

Pesepakbola dan official PSM Makassar berselebrasi usai keluar sebagai juara Piala Indonesia 2019, di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (6/8/2019). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/hp.

Jakarta (ANTARA) - PSM Makassar patut berbangga karena telah memenuhi semua kualifikasi sebagai klub profesional dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan bisa berlaga di ajang kejuaraan Asia untuk musim depan.

Diraihnya lisensi klub profesional AFC itu diunggah melalui instagram resmi PSM. Lisensi klub profesional dari AFC sangat dibutuhkan PSM sebagai salah satu syarat mengikuti kompetisi antar klub Asia musim depan, yakni Piala AFC 2020.

Baca juga: Pelatih PSM tak kecewa meski kalah oleh Persipura

"Semakin Profesional! Berdasarkan surat keputusan AFC Club Licensing Comittee, Nomor:003/CLC-PSSI/X/2019, menyatakan bahwa PSM Makassar telah memenuhi semua kualifikasi sebagai klub profesional," demikian tulis akun instagram PSM, @psm_makassar, Minggu.

"Dengan ini syarat sah untuk berlaga di kompetisi internasional musim depan telah terpenuhi. Ewakooo!" tulis akun yang sama.
 

Sebelumnya mereka telah lolos verifikasi klub profesional AFC pada Oktober 2018 lalu namun disertai catatan. Pasalnya, Stadion Andi Mattalatta tak lolos verifikasi AFC sehingga membuat mereka hijrah ke Stadion Pakansari untuk menjalani laga kandang AFC Cup.

Verifikasi AFC dilakukan dengan mengedepankan lima variabel penting mulai dari pembinaan usia muda, infrastruktur, manajemen klub, legalitas, dan finansial menjadi aspek yang dilihat AFC. Lima syarat itu yang membuat AFC akan memberi lisensi kepada klub-klub di bawah naungannya.

PSM meraih tiket Piala AFC 2020 usai menjuarai Piala Indonesia 2018/2019. Di final, PSM menekuk Persija Jakarta dengan aggregat 2-1.

Baca juga: Darije akui Piala Indonesia paling spesial selama kariernya

Baca juga: PSM juara Piala Indonesia 2019


PSM Makassar akan mengawali perjuangan di Piala AFC 2020 dengan terlebih dahulu melewati babak play-off melawan lima klub Asia Tenggara lainnya pada Desember 2019 mendatang.

PSM Makassar akan berduel dengan lima klub Asia Tenggara lainnya untuk memperebutkan tiga tiket lolos ke babak penyisihan grup.

Kelimanya yakni Yangon United/Ayeyawady United (runner up Myanmar League - Myanmar), Lalenok United/Boavosta FC (juara Liga Futebol Amadora - Timor Leste), Master 7 FC (runner up Lao Premier League - Laos), Avay Rieng FC/Visakha FC (juara Metfone C League - Kamboja), dan MS ABDB FC (juara DST Brunei Super League - Brunei Darussalam).

Baca juga: PSM Makassar resmi rekrut Ezra Walian

Baca juga: Bos PSM hormati keputusan Zulkifli gabung Sriwijaya

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Suporter aksi boikot, Fakhri: Timnas tetap beri yang terbaik

Komentar