Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Polandia meloloskan diri ke putaran final Piala Eropa 2020 setelah membungkam tamunya Makedonia Utara 2-0 dalam laga lanjutan Grup G fase kualifikasi di Stadion PGE Narodowy, Warsawa, Minggu setempat (Senin WIB).

Kemenangan itu membuat Polandia mantap di puncak klasemen Grup G dengan koleksi 19 poin, unggul delapan poin dari Makedonia Utara (11) yang ada di peringkat ketiga mengingat fase kualifikasi tinggal menyisakan dua pertandingan lagi.

Polandia jadi tim keempat yang lolos ke putaran final setelah Belgia, Italia dan Rusia, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Hasil Grup I: Belgia lolos didampingi Rusia, Skotlandia ke playoff

Baca juga: Italia pastikan tempat di putaran final usai tekuk Yunani 2-0


Bomber utama Polandia, Robert Lewandowksi, menutup laga tanpa gol namun ia mencatatkan dua assist untuk kedua gol yang dicetak dua pemain pengganti yakni Przemyslaw Frankowski dan Arkadiusz Milik.

Kendati tampil sangat dominan sepanjang babak pertama, Polandia harus turun minum dalam keadaan nirgol meski menciptakan banyak peluang termasuk tembakan Grzegorz Krychowiak dan Kamil Grosicki yang masih bisa diamankan kiper Stole Dimitrievski.

Tiga menit memasuki babak kedua Polandia hampir membuka keunggulan namun tembakan Sebastian Szymanski membentur tiang gawang.

Keadaan buntu terus bertahan hingga pelatih Jerzy Brzeczek memasukkan Milik menggantikan Szymanski pada menit ke-68 dan Frankowski untuk Grosici lima menit berselang.

Frankwoski memberikan kontribusi instan saat baru semenit merumput di lapangan dengan mencetak gol dari jarak dekat menyelesaikan umpan kiriman Lewandowksi.

Lantas enam menit kemudian giliran Milik yang menjebol gawang tim tamu dengan tembakan dari luar kotak penalti memanfaatkan bola sodoran Lewandowski.

Makedonia Utara bukannya tanpa peluang namun dua tembakan tepat sasaran merek masih bisa dijinakkan oleh kiper Wojciech Szczesny sehingga harus rela pulang dengan tangan hampa usai kalah 0-2 dari Polandia.

Baca juga: Bale selamatkan Wales dari kekalahan kontra Kroasia

Baca juga: Jerman cuma butuh 10 pemain untuk pecundangi Estonia


Susunan pemain:

Polandia (4-2-3-1): Wojciech Szczesny; Bartosz Bereszynski, Kamil Glik, Jan Bednarek, Arkadiusz Reca; Jacek Goralski, Grzegorz Krychowiak; Sebastian Szymanski (Arkadiusz Milik), Piotr Zielinski (Krzysztof Piatek), Kamil Grosicki (Przemyslaw Frankowski); Robert Lewandowski
Pelatih: Jerzy Brzeczek

Makedonia Utara (3-4-1-2): Stole Dimitrievski; Stefan Ristovski, Visar Musliu, Kire Ristevski; Egzon Bejtulai, Boban Nikolov (Gjorgji Stoilov), Stefan Spirovski (Marjan Radeski), Ezdzhan Alioski; Eljif Elmas; Ilija Nestorovski (Aleksandar Trajkovski), Goran Pandev
Pelatih: Igor Angelovski

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2019